Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for EXPLORE?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Judul Naskah Dengan Ukuran Fonts 12 Dengan Fonts Arial

Sedapat Mungkin Max 3 Baris

Judul Makalah Harus Akurat, Singkat, Informatif, Jelas Dan Mudah Dipahami

Diketik Dengan Huruf Title Case, Dihitamkan, Kecuali Pada Nama Latin

 Penulis pertama 1), Penulis ke dua 2) 
Nama Istitusi 1)

EMail

 

Abstrak – Abstrak ditulis dalam Fonts Arial seperti ini dalam ukuran 10, ditulis dalam jarak spasi tunggal. Semua naskah  diminta ditulis sesuai tatacara menulis ilmiah dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar dan bahasa Inggris.

Abstrak akan mewakili keseluruhan artikel bahkan penelitian. Maka buatlah abstrak sejelas mungkin, Dengan hanya membaca abstrak maka seolah sudah bisa difahami keseluruhan isi penelitian. Penyajian abstrak menyertakan refferensi yang dikaji, masalah, tujuan, manfaat, metode pendekatan yang digunakan, serta alasan melakukan riset/pengkajian dan kesimpulan. Disajikan dalam kurang lebih 300 kata, abstrak sedapat mungkin menyajikan keberhasilan / kegagalan secara esensial yang sudah dicapai. Sudah tentu abstrak memuat kelebihan maupun kekurangan yang ditemui. Sertakan Kata kuncitak lebih dari lima buah, ditulis dalam Fonts Arial 10

 

Di bagian ini ditulis kata kunci/Key word yang tidak lebih dari 5 kata dicetak Miring:

Kata kunci:  Seperti ini, aaaaa, bbbb, cccc

 


1.a Latar Belakang

Sudah tentu ini memaparkan pembuka kepada paper yang disajikan. Pendahuluan memuat latar belakang penelitian secara ringkas, padat dan tujuan. Dukungan teori tidak perlu dimasukkan pada bagian ini, tetapi penelitian sejenis yang sudah dilakukan dapat dinyatakan. Ditulis dalam Arial ukuran 10. Makalah merupakan pemikiran sendiri, belum pernah dipublikasikan, mengandung unsur kekinian dan bersifat ilmiah. Ruang lingkup makalah meliputi kajian terhadap ilmu komputer secra luas. Ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Makalah diketik 1 spasi pada kertas A4, huruf Arial font 10, tidak timbal balik, dengan jumlah halaman makalah minimal 5 halaman dan maksimal 10 halaman, tidak melebihi 10.000 kata (tidak termasuk lampiran dan daftar pustaka).

          Misalnya: Ketika seorang pasien datang ke sebuah Rumah Sakit, Poliklinik, dokter praktik atau balai pengobatan lainnya, maka dibagian pendaftaran akan  ditanyakan apakah pasien yang bersangkutan sudah pernah datang atau belum. Jika pasien yang bersangkutan mengatakan sudah pernah datang maka petugas akan menanyakan Kartu Identitas Berobat Pasien (KIB) yang akan digunakan untuk mencari arsip pasien yang bersangkutan. Pada pelayanan kesehatan konvensional, maka petugas akan menggunakan tracer untuk mencari arsip pasien pada gudang penyimpanan yang berupa tumpukan kertas. Jika pasien pada suatu rumah sakit masih sedikit maka tidak akan bermasalah, akan tetapi jika pasien sudha mencapai jumlah dalam skala besar dalam ratusan ribu atau bahkan jutaan maka tentu akan menimbulkan masalah.

Electronic Medical Record technology memungkinkan penyedia layanan medis untuk menyimpan dan mempertukarkan informasi medis menggunakan komputer bukan kertas. Meskipun teknologi telah tersedia sejak 1970-an, hanya 50% rumah sakit memiliki mengadopsi sistem EMR dasar pada tahun 2005. Sebuah eHealth Inisiatif survei (Covich Bordenick, Marchibroda dan Welebob (2006)) mengidentifikasi lebih dari 165 inisiatif Pertukaran Informasi Kesehatan aktif di AS, yang 45 sedang dilaksanakan dan 26 sepenuhnya operasional. Lebih dari 20 persen responden survei melaporkan bahwa mereka saat transmisi informasi kesehatan secara elektronik. Miller and Tucker (2007)

Naskah Yang ditulis  dalam 2 kolom seperti ini disiapkan untuk dihimpun dalam Buku Terbitan Ilmiah Teknik Informatika Universitas Surakarta

 

1.b Rumusan Masalah

Berisi Masalah yang akan dislesaikan, sebagai pertanyaan acuan adalah mengapa penulis meneliti tema ini?

 

1.c Batasan Masalah

Karena mungkin masalahnya sangat besar, maka peneliti perlu membatasi bagian kecil saja yang mungkin bisa menjadi novelty

 

1.d. Tujuan

Sub topik ini berisi apa tujuan dari penelitian ini

1.e. Manfaat Penelitian

Sub topik ini berisi apa manfaat penelitian ini. Sebagai pertanyaan acuan, setelah penelitian jadi apa manfaatnya ?

 

1. f.  Metode Penelitian

Metode apakah yang digunakan meneliti dan menyelesaikan penelitian ini. Metode penelitian merupakan prosedur dan teknik penelitian. Antara satu penelitian dengan penelitian yang lain, prosedur dan tekniknya akan berbeda. Kalau tidak berbeda, berarti penelitian itu hanya mengulang penelitian yang sudah ada sebelumnya. Tapi bukan berarti harus berbeda semuanya. Untuk penelitian sosial misalnya, populasi penelitian mungkin saja sama, tapi teknik samplingnya berbeda, teknik pengumpulan datanya berbeda, analisis datanya berbeda, dan lain.lain.

Mohon diuraikan dengan jelas, bukan hanya mengopi dari penelitian lain. Kalau mau disertakan penelitian yang dilakukan termasuk ke dalam kategori penelitian yang mana, mohon diperhatikan dengan baik, jangan asal mengopi. Bagian ini bisa dibagi menjadi beberapa sub bab, tetapi tidak perlu mencantumkan penomorannya.

           

2.a. Dasar Teori

Berisi teori teori dan pengertian yang melandasi penelitian. Sertakan sumber artikel yang dikutip

 

Tabel 1. Nama Tabel

Tabel tabel jika harus disertakan, sedapat mungkin juga diatur dalam kolom ini.  Di atas setiap tabel Diberi petunjuk nomor tabel. Format tabel diminta jangan sampai mengacaukan pada waktu pengiriman / transmisi. Tabel diberi nomor berurutan, judul table ditempatkan di atasnya.

Gambar gambar Jika harus disertakan, sedapat mungkin juga diatur dalam kolom ini.  Di bawah setiap gambar diberi petunjuk nomor gambar. Format gambar diminta jangan sampai mengacaukan pada waktu pengiriman / transmisi.

Aculah Penomoran yang konsisten jika harus menyajikan pengertian penting. Penomorna menggunakan Gambar 1. Nama Gambar di bawah gambar center

Tata cara pengutipan:

  1. Jika kutipan itu pendek, artinya satu kalimat, maka penempatan kutipan itu langsung dalam kalimat dan diberi tanda petik dan ditulis nama penulis dan kapan publikasinya.

Contoh: ….Sementara itu menurut Helena Agustien (2003): “…Tidak jelas benar kapan manusia mulai menggunakan bahasa ….”

  1. Jika kutipan lebih dari lima baris, maka kalimat atau paragraf yang dikutip itu harus dicetak khusus dengan huruf yang berbeda dari teks lain dan agak dipisah dari uraian lain.

Contoh:

…Menurut Arendt, kekuatan (strenght) adalah sesuatu yang dimiliki seorang. Kekuatan seseorang tidak tergantung pada orang lain. Sedangkan daya adalah semacam energi yang dilepaskan oleh gerakan sosial atau bencana alam…

  1. Catatan kaki (footnotes) adalah suatu informasi yang merupakan suatu penjelasan tentang sesuatu yang dinyatakan dalam teks. Penjelasan itu di luar konteks dari teks tersebut. Biasanya catatan kaki itu diberi nomor berturut menurut teks. Tempat catatan kaki itu di bagian bawah halaman tapi di halaman yang bersangkutan dengan apa yang dijelaskan.

 

Catatan kaki berisi:

keterangan khusus atau tambahan penting, tetapi tidak dimasukkan dalam teks karena uraiannya akan menyimpang dari garis besar karya ilmiah atau karena uraiannya akan bersifat berlarut-larut dan di luar konteks komentar khusus mengenai bagian yang bersangkutan dalam teks kutipan yang akan mengganggu kelancaran penyajian uraian bila dimuat dalam teks penunjuk sumber yang diberi komentar tambahan

 

2.b. Kajian Pustaka

Kajian pustaka akan memaparkan penlitian – penelitian sebelumnya yang mungkin bisa digunakan sebagai referensi dalam penelitian ini. Semakin banyak kajian pustaka semakin bagus karena makin banyak pula yang bisa di bandingkan.

3. Analisis dan Perancangan Sistem

3.1 Isikan Sistem yang berjalan

3.2 Kerangka Masalah

3.3. Sistem yang di rancang

4. Implementasi Sistem dan Hasil

Menyajikan hasil riset, akurasi yang dapat dicapai, signifikansi langkah maupun pengetahuan, fenomena, maupun informasi yang dapat diberitahukan kepada khalayak. Termasuk di dalamnya sumbangan baru yang dihasilkan dalam riset. Analisis yang rinci dan mengkerucut sangatlah bermanfaat bagi peneliti lain.

5. Penutup

Bagian ini dapat berisi kesimpulan yang disajikan secara pointers. Meski demikian jika naskah berupa Studi Literatur, dapat memberikan ringkasan yang disarankan

Jika memuat kesimpulan, maka  Kesimpulan: harus mengindikasikan secara jelas kemajuan-kemajuan, batasan-batasan dan kemungkinan aplikasi dari penelitian.

Sebagai acuan maka simpulkan apa yang telah dikerjakan dan jangan menyimpulkan apa yang tidak dikerjakan. Yang kedua adalah lihat rumusan masalah apakah menjawab secara substansial pada rumusan masalah

 

6. Pustaka

  1. Daftar pustaka ditulis disusun secara sistematis dan diurut secara abjad/alfabetis menurut nama pengarang
  2. Bila pustaka yang dipakai ditulis oleh pengarang yang sama tapi dalam waktu / tahun terbit yang berbeda, maka yang ditulis lebih dahulu adalah terbitan paling terdahulu. Bila pengarang yang sama, tetapi diterbitkan dalam tahun yang sama, maka setiap item disusun dengan membedakan tahun terbit dengan huruf abjad. Sedangkan penulisan nama lengkap hanya untuk item pertama, sedangkan item berikutnya cukup diberi tanda: -------(lima atau tujuh strip, secara konsisten)
  3. Contoh: Sigian, Sondang, (1995), Filsafat Administrasi. Jakarta, Gunung Agung ------- (1997), Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara Sudjana, (1996a), Metode Statistik. Bandung, Tarsito -------(1996b), Tehnik Analisis Regresi Dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung, Tarsito
  4. Unsur-unsur daftar pustaka meliputi nama pengarang, tahun terbit publikasi, judul publikasi, tempat terbit dan penerbit.
  5. Pedoman penulisan daftar pustaka menurut kaidah APA (American Psychological Association) adalah sebagai berikut : Contoh:
  • Terbitan Berkala (Jurnal, Makalah, Karya Ilmiah) : Baldrige, V. J. (1999). Organizational characteristics of colleges and universities. Management and Decision-Making in Higher Education Institutions, 8, 133-152.
  • Terbitan tidak berkala (buku, laporan, brosur, risalah, buku petunjuk) Fullan, M. D., & Stiegelbauer, S. (1991). The new meaning of educational change. New York: Teachers College Press.
  • Artikel dari terbitan tidak berkala Fremerey, M. (2006). Resistance to change in higher education: Threat or opportunity? In M.Fremerey, & M. Pletsch-Betancourt. (Eds.) Prospects of change in higher education: Towards new qualities & relevance. Frankfurt: IKO-Vlg fur Interkult, GW/Transaction Pubs. Jahr, V., & Teichler, U. (2002). Employment and work of former mobile students. In U. Teichler (Ed.) ERASMUS in the SOCRATES programme, finding of an evaluation study (pp. 117-135). Bonn: Lemmens.
  • Artikel Non-English, judul ditranslate ke English Suwardjono. (2005). Belajar-mengajar di perguruan tinggi: Redefinisi makna kuliah. [Teaching and learning in university: Redefinition of class-meeting meaning]. Retrieved November 25, 2007 from: http://www.inparametric.com/bhinablog/d ownload/Artikel1.pdf
  • Disertasi Doctor Miao, Y. (2000). Design and implementation of a collaborative virtual problem-based learning environment. Unpublished doctoral dissertation, Technischen Universität Darmstadt, Darmstadt, Germany.
  • Tesis Master Patria, B. (2008). Problem-based learning and graduates' professional success. Unpublished master's thesis, University of Kassel, Kassel, Germany.

     [1]            Kuc.Roman [ROMAN’88] ; Introduction to DIGITAL SIGNAL PROCESSING, Mc Graw-Hill, Singapore, 1988.

     [2]            Ratdomopurbo.A, [RATDO’95] ; Etude Sismologique du Volcan Merapi et Formation du Dome de 1994,  These Geophysique-Geochimie, Observatoire de Grenoble, 1995.

     [3]            S.B. Kirbani [KIRBA’91]; Seismicity (Tremors) of Merapi  Volcano (Central Java Indonesia), Physics Dept, Gadjah Mada Univ.

 

Hal Penting Khusus : MOHON BERKAS PENGIRIMAN ELEKTRONIK DISIMPAN PADA FORMAT *. DOC bukan DOCX

 

Full Template Paper dan Pernyataan Publikasi dapat didownload dilink berikut

  1. Template Jurnal
  2. Pernyataan Publikasi

Kedua File tersebut diunggah pada saat Submit Paper.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Setiap Papaer harus memiliki Surat Pernyataan Publikasi. Surat pernyataan publikasi dapat didownload disini.

Surat pernyataan diisi dan ditandatangani Author dilengkapi dengan matrei 6000. 

 

Mohon dilengkapi formulir ini dan ditandatangani serta dikirimkan bersama-sama dengan makalah lengkapnya (full paper) ke sekretariat

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.