POPULARITAS PADA SOSIAL MEDIA TERHADAP PREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA DENGAN METODE NAIVE BAYES

Andy Prasetyo

Abstract


Perkembangan teknologi yang sangat pesat dewasa ini, memaksa manusia untuk berevolusi disegala bidang, salah satunya adalah disisi hubungan dan interaksi sosial. Dengan teknologi saat ini sangat mempermudah manusia dalam berinteraksi Berbagai dampak dirasakan dalam kehidupan sehari hari, baik positif maupun negatif. Salah satunya adalah kepopuleran dalam sosial media yang mengimbas pada kelulusan mahasiswa. 

Sementara itu, kelulusan mahasiswa yang terkait dengan angka rasio dosen menjadi sebuah paradigma tersendiri bagi pihak kampus yang tentunya membutuhkan perhatian lebih intensif. Oleh karena itu institusi perguruan tinggi sangat membutuhkan adanya prediksi kelulusan yang dapat mengikuti perkembangan teknologi salah satunya adalah dengan mengkaitkan variabel tingkat populeritas mahasiswa di sosial media. Prediksi ini dapat digunakan oeh institusi dalam mengambil kebijakan yang bersifat strategis agar penanganan droup out maupun kelulusan yang tidak tepat waktu dapat lebih dini dilakukan.

Penambahan variabel kepopuleran mahasiswa didalam sosial media ternyata mampu meningkatkan akurasi kelulusan dengan menggunakan model Naïve Bayes akurasi hingga 98,80% dan menjadi model terbaik dalam pemecahan masalah prediksi kelulusan tepat waktu mahasiswa.




DOI: https://doi.org/10.35200/explore.v9i2.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPLORE

Indexed By :

  

Jurnal EXPLORE STMIK Mataram
Jalan Kampus STMIK - ASM Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp: 0370-635007, 0370-628418
Site: https://ojs.stmikmataram.ac.id/index.php/explore
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.