Enkripsi dan Dekripsi Teks Berbasis Hill Cipher menggunakan Matriks Ordo 2×2

Deni Den Hamdani

Abstract

Matriks adalah suatu konsep dalam aljabar linier, yang memiliki banyak aplikasi diantaranya dalam kajian kriptografi. Kriptografi adalah ilmu sekaligus seni untuk menjaga keamanan pesan. Di dalam kriptografi terdapat beberapa macam teknik penyandian pesan, salah satunya adalah teknik penyandian Hill cipher. Hill cipher merupakan sistem pengkodeaan dengan memadukan konsep matriks dengan konsep kongruensi linier dalam proses mengenkripsi suatu naskah yang akan dirahasiakan (plaintext: naskah yang dibaca bermakna) menjadi naskah yang tidak dapat dimengerti (ciphertext: teks tersandi) dan mendekripsikan suatu naskah teks yang tersandi (ciphertext) menjadi naskah yang dapat dimengerti (plaintext). Di dalam Hill cipher, konsep matriks dan kongruensi linier sangat berperan penting dalam enkripsi dan dekripsi sebuah teks, terlebih dalam penggunaan sebuah matriks kunci di dalam makalah memanfaatkan konsep permutasi untuk memilih matriks yang invertibel modulo 26. Kekuatan suatu cipher terletak pada matriks kunci yang digunakan, karena bentuk suatu matriks dapat mempengaruhi usaha yang diperlukan oleh seorang penerima ataupun interceptor. Oleh karenanya juga semakin lama waktu yang dibutuhkan, maka semakin kuat cipher-nya, yang berarti semakin aman digunakan untuk menyandikan suatu naskah.

References

Alfred J.M., Paul C.O., and Scott A.V. Handbook of Applied Cryptography. CRC Press LLC, Florida, USA.1997

Anton, H and Rores, C. Elementary Linier Algebra 11th Edition, Massachusetts: John Wiley & Sons, Inc.2014

Dawahdeh, Z.E., Yaakob, S.N and Razif, R., 2017. A new image encryption technique combining Elliptic Curve Cryptosystem with Hill Cipher. Journal of King Saud University-Computer and Information Sciences (2017), http://dx.doi.org/10.1016/j.jksuci.2017.06.004

Muhsetyo, G. Matematika Diskrit, Jakarta: Universitas Terbuka. 2007

Munir. R. Matematika Diskrit, Bandung: Informatika. 2016

Lipschutz, S and Lipson, M.L. Schaums’s Outlines: Liniear Algebra Fourth Edition. New York: McGraw Hill. 2009

Rosen. Kenneth H. Elementary Number Theory and Its Applications Fifth Edition, Massachusetts: Addison-Wasley.2005

Schneier, Bruce. Applied Cryptography: Protocols, Algorithms, and Source Code in Second Edition, Massachusetts: John Wiley & Sons, 1996.

Sutherland, Scott: V’ir Tbg n Frperg: An Introduction to Cryptography, MSTP Math Workshop, October 2005

Utama, MY. Penerapan Matriks dalam Kriptografi Hill Cipher, Bandung. Makalah IF2123 Aljabar Geometri – Informatika ITB –Semester I Tahun 2015/2016, 2016.

Wikipedia. Hill Cipher. https://en.wikipedia.org/wiki/Hill_cipher diakses 15-12-2018 pukul 17.20 wita

Refbacks

  • There are currently no refbacks.