Analisis Kinerja Virtual Private Network Dengan Public Network Tunneling Pada Network Operation Data Center dan Stasiun Remote

Erfan Wahyudi

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan kegiatan untuk mendapatkan nilai dari parameter-parameter dan analisa pada unjuk kerja jaringan VPN. Untuk mendapatkan nilai dari parameter-parameter tersebut dibangunlah jaringan komputer nyata (real) yang terdiri dua VPN gateway dan aplikasi pengujian seperti PING, TCPdump, dan FTP.Pada pengujian ini diketahui bahwa aplikasi VPN dengan OpenVPN des.ede3 dan md5 memiliki nilai latency terkecil sebesar 0.164 detik, bandwidth delay product terkecil sebesar 245.7573 bits, sedangkan pada service FTP menyediakan bandwidth utilization terbesar dari sisi download sebesar 23.48% dan dari sisi upload sebesar 24.68%. Hasil tersebut merupakan hasil yang terbaik dari hasil dari aplikasi OpenVPN yang diujikan dan sangat relevan diimplementasikan

References

Bradnet, S., McQuaid, J., 1999, Benchmarking Methodologu for Network Interconnect Device. (Online) (http://www.rfc-editor.org/rfc/rfc2544.txt, diakses 12 Juni 2012)

Fadilah, Rijal dan Djumhadi, 2009, Penggunaan teknologi komunikasi data berbasis VPN IP MPLS untuk pemilihan umum. UPN “Veteran” Yogyakarta.

Feilner, Markus. 2006, Building and Integrating Virtual Private Networks. Birmingham. PACKT

Hall, Michael 2008, Performance Analysis of OpenVPN on a Consumer Grade Router. Washington. Washington University (http://cse.wustl.edu)

Iswara, Geo S, dkk., 2008, Implementasi protocol SSTP dalam membangun server VPN menggunakan konfigurasi routing dengan remote access client pada Windows Server 2008. Politeknik Telkom Bandung.

Lammle, Todd, 2005, Cisco Certified Network Assocciate Study Guide. Jakarta. PT Elex Media komputindo

Lammle, Todd, 2007, Cisco Certified Network Assocciate Study Guide. Indianapolis. SYBEX

Khanvilkar, S., Khokhar, A., 2004, Virtual Private Networks : An Overview with Performance Evaluation. Chicago. University of Illinois.

Wouters. P., Bantoft, K., 2006, Building and Integrating Virtual Private Networks with OpenVPN. Birmingham. PACKT.

Wahyudi, Erfan & Riadi, Imam & Prayudi, Yudi. (2018). Virtual Machine Forensic Analysis And Recovery Method For Recovery And Analysis Digital Evidence. International Journal of Computer Science and Information Security,. 16.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.