PENGARUH TEMPAT DAN PROMOSI TERHADAP PERPINDAHAN MEREK PADA MATARAM MALL DI MATARAM

Fitria Ika Agustina, Lale Puspita Kembang

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh Tempat terhadap perpindahan merek (brand switching) pada Mataram Mall di Mataram. (2) Pengaruh Promosi Produk terhadap perpindahan merek (brand switching) pada Mataram Mall di Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kausal. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Mataram Mall yang melakukan perpindahan merek dari merek-merek yang ada di Mataram Mall ke pusat perbelanjaan lainnya (Mall) di Kota Mataram. Sampel yang akan diteliti sebanyak 100 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisoner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, dan uji R2. Dari hasil penelitian dan pembahasaan di atas, maka kesimpulan dari penelitian yang dapat diambil adalah : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari Tempat terhadap Brand Switching pada Mataram Mall di Mataram. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari Promosi terhadap Brand Switching pada Mataram Mall di Mataram.

Kata Kunci : Tempat, Promosi, Perpindahan Merek.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Assael. (1995), dalam Ratnaningsih (2010). Pengaruh Ketidak Puasan Konsumen, Karateristik Kategori Produk, dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek”, DIE-Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Vol 6 (2), 117-137.

Balai Penelitian Tanaman Serealia Kementrian Pertanian Republik Indonesia.(2012), Statistik Produksi Benih Komposit Menurut Provinsi Tahun 2008-2012.

Jogiyanto. (2004), Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE. Yogyakarta.

Karyasa. (2007), dalam Pujiharti dan Hendriansyah (2012). “Peluang agribisnis Benih Jagung Komposit di Lampung”

Kotler. (2001). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan. Kontrol. Penerbit PT. Prehallindo. Jakarta.

Kotler dan Armstrong. (2008), dalam Dewi dan Jatra, Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Di Kota Denpasar

Mowen & Minor.(2002:109), dalam Tristina Oktariko (2011), Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Berpindah Merek Pada Konsumen Pembalut Wanita Kotex Di Semarang.

Ribhan. 2006. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Brand switching Pengguna SIM Card di Fakultas Ekonomi Universitas Lampung. Bandarlampung: Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 (1).

Saenong et al. (2007), dalam Wulanjani dan Iriani (2009). “Persepsi Petani Kooperator Terhadap Empat Varietas Jagung Komposit”, Prosiding seminar Nasional,44-48.

Schiffman dan Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Prentice Hal. Jakarta.

Sekaran. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jilid 1. Edisi 4. Salemba Empat. Jakarta.

Sekaran. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jilid 2. Edisi 4. Salemba Empat. Jakarta.

Srinivasan. (1996), dalam Astuti (2010). Studi Tentang Perilaku dan Perpindahan Merek (Brand Switching). Orbith,Vol 6 (1),121-129.

Stanton, William J. (1993). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Edisi ke Tujuh, Alih Bahasa Y. Lamarto, Erlangga.

Sugiyono. (1999). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian “Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami”. Pustakabarupress. Yogyakarta.

Susilo J R.(2010), “Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen Dalam Pembelian Produk Handphone di Kota Mataram-Nusatenggara Barat”

Swastha. (1996) , Azas-Azas Marketing, Edisi Ketiga, Liberty, Yogyakarta

Tjiptono. (1997), Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono. (2000), dalam Purnama (2011). “Analisis Pengaruh Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian”




DOI: https://doi.org/10.35200/solid.v9i2.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Solid

Jalan Kampus Universitas Teknologi Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp:082 339 778 340

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic Pengunjung