Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) pada Madrasah Aliyah Negeri XYZ)

Lale Puspita Kembang

Abstract


Manajemen pendidikan berbasis madrasah merupakan salah satu model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada madrasah/sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipasif yang melibatkan secara langsung warga madrasah (kepala madrasah, guru, siswa, karyawan, orang tua, dan masyarakat) untuk meningkatkan mutu madrasah berdasarkan kebijakan pemerintah nasional. Manajemen pendidikan berbasis madrasah juga merupakan suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara Islami dengan cara memanfaatkan berbagai sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien dengan tetap mengacu pada fungsi menejemen yaitu planning, organizing, actuating dan controling sehingga mutu pendidikan madrasah dapat dicapai baik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen pendidikan berbasis madrasah di MAN XYZ seperti, hambatan yang dihadapi dan solusi/upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data hasil penelitian dideskripsikan atau dijabarkan dalam bentuk uraian sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Sumber data dalam peneltian ini ada dua yaitu data primer yang diperoleh secara langsung dari informan baik dari hasil observasi, dokumentasi maupun hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala madrasah, guru, siswa dan karyawan serta komite sekolah yang ada di MAN XYZ dan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang relevan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa manajemen berbasis madrasah di MAN XYZ cukup baik. Hal ini tampak dari terlaksananya fungsi manajemen dan komponen-komponen manajemen berbasis madarasah seperti melakukan perencanaan, organizing, actuating dan controling serta evaluasi kegiatan madarasah.


Full Text:

PDF Untitled PDF

References


Agus, Dharma, Manajemen Berbasis Madrasah, Jakarta: Pendidikan Network, 2003.

Exsa, Perbandingan Manajemen Berbasis Sekolah Dengan Manajemen Berbasis Madrasah, 2009.

Moh. Yahya Ashari, Rif'atul Mahfudhoh, 2015. Efektifitas Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi tentang Pengembangan pada MTs Negeri Keras Diwek Jombang). Jurnal Manajemen dan Pendidikan Isalam, Vol. 1 No. 1, Juli-Desember 2015.

Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Nur Munajat, 2016. Kebijakan Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 8, Nomor 2, Desember 2016; ISSN : 2085-0034.

Nurokhim, 2017. Implementasi Manajemen berbasis Sekolah di Madrasah. Jurnal Kependidikan, Vol. 5, No. 2 November 2017. IAIN Purwekerto.

Ramayulis, 2008. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Kalam Mulia.

Riesmawati, 2014. Manajemen Pengembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kota Agung. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, Vol. 2 No. 2, 2014. Bandar Lampung.

Zamroni, 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bayu Indra Grafika, 2000.




DOI: https://doi.org/10.35200/solid.v10i1.367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Solid

Jalan Kampus Universitas Teknologi Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp:082 339 778 340

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic Pengunjung