ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA APARAT DESA DI KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Syahruddin Syahruddin

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor - faktor Motivasi, Karakteristik pekerjaan, Karakteritik/sifat individu, Pendidikan, Keterampilan, Pengalaman, Kondisi kerja, Sumber daya, Presepsi, Sikap, Kepemimpinan, Pengawasan dan Tanggung jawab baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja aparat desa dan untuk mengetahui mana diantara faktor tersebut yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kinerja Aparat Desa di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal yang berarti bahwa variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen/kuesioner terhadap seluruh Aparat Desa di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur sebanyak 70 Aparat Desa di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur.

Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda serta pengujian hipotesis menggunakan program Statistical Product and Solution (SPSS) for Windows. Hasil analisis data dengan menggunakan analisis faktor dari faktor – faktor tersebut kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa regresi linier berganda. Untuk mengetahui apakah faktor – faktor tersebut berpengaruh signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kinerja Aparat Desa di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Dari uji pengaruh parsial masing – masing variabel bebas dalam penenelitian ini juga untuk mengetahui mana dari variabel tersebut yang berpengaruh paling dominan terhadap kinerja Aparat Desa di Kecamatan Masbagik  Kabupaten Lombok Timur.

 

Kata Kunci : Kinerja Aparat Desa


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alisyahbana, (2002), Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja aparat desa Eslon III dan IV pada Sekretariat Daerah NTB, Tesis Pasca Sarjana Unram ( Tidak dipublikasikan ).

Basuki (2000), “Pengaruh Faktor Pendidikan dan Ikilim Organisasi Kinerja aparat desa PDAM Kota Semarang“. Tesis Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indoensia, Yogyakarta.

Cahyadi Anding Duwi, ( 2005 ), “Upaya Peningkatan Prestasi Kerja Karyawan (PNS) pada Kantor Camat di Wilayah Lombok Bagian Utara Kabupaten Lombok Barat”. Tesis Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mataram.

Cushway B, 1995. Human Resources Management. The Fast-Track MBA Series, PT. Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta.

Dewi (2007) yang berjudul “ Pengaruh Karakteristk Pekerjaan Terhadap Kinerja aparat desa Bagian Produksi PT. Semator Gas di Gresik.”Personel Management; Goverment Employees, September 2008 tersedia di http:/www.adln.lib.unair.ac.id/go.php?

Deesler, Gary (1999), Manajemen Sumber Daya Manusia (terjemahan), Prenhallindo, Jakarta.

Dharma A, 2002. Gaya Kepemimpinan Yang Efektif Bagi Manajer, Liandung: CV. Sinar Baru.

Fathurrahman ( 2007 ), “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja aparat desa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat. Tesis Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mataram.

Flipo Edwin (1993), Manajemen Personalia (terjemahan Mas’ud). Erlangga,

Edisi Keenam. Jakarta.

Gibson, Ivancevich & Donelly, 1996, Organisasi, Prilaku, Struktur dan Proses, Edisi Kedelapan, Binarupa Aksara, Jakarta.

Gomes Faustino Cardoso, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi Offset, Yogyakarta.

Gujarati,D.Zain S. (1995) Ekonomika Dasar, Erlangga, Jakarta.

Hasibuan, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Melayu, SP. 2003, Organisasi dan Motivasi Dasar peningkatan produktivitas, Bina Aksara, Jakar




DOI: https://doi.org/10.35200/solid.v9i2.376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Solid

Jalan Kampus Universitas Teknologi Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp:082 339 778 340

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic Pengunjung