ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP IKLAN RINSO DI TELEVISI (STUDI DI DESA TEBABAN KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR)

Rian Indranopa

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Sikap Konsumen Terhadap Iklan Rinso di Televisi (Studi di Desa Tebaban Kecamatan Suralaga Lombok Timur)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap konsumen terhadap iklan Rinso di televisi.

Jenis penelitian yang akan dilakukan bersifat deskriptif, dan penentuan responden menggunakan purposive sampling terhadap 100 orang responden. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan angket serta alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.  Untuk menganalisis sikap konsumen terhadap iklan Rinso digunakan Fishbein Attitude Model.

Dari hasil analisa persentase sikap konsumen terhadap iklan Rinso dapat diketahui bahwa masing – masing responden memiliki sikap  yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Berdasarkan 5 kategori sikap yang ada menunjukkan bahwa responden yang memiliki sikap sangat tidak menerima adalah 0 persen, persentase responden yang memiliki sikap kurang menerima sebesar 1 persen, persentase responden yang memiliki sikap netral sebesar 48 persen, persentase responden yang memiliki sikap menerima sebesar sebesar 51 persen dan persentase responden yang memilik sikap sangat menerima sebesar 0 persen.

Namun jika dilihat dari hasil Analisis Fishbein secara keseluruhan didapatkan jumlah skor rata-rata sebesar 0,32 dan apabila diperhitungkan dalam kelas interval skor sikap, maka berada dalam kelas antara 0,28 - 0,38. Hal ini menunjukkan bahwa kategori sikap konsumen terhadap iklan Rinso di televisi studi pada Desa Tebaban Kecamatan Suralaga Lombok Timur adalah kurang menerima.

 

Kata Kunci : Sikap Konsumen


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Abubakar. 2003. Analisis Sikap Mahasiswa Magister manajemen Universitas Mataram Terhadap Program studi magister Manajemen Universitas Mataram. Skripsi. (Tidak Dipublikasikan) Fakultas Ekonomi Universitas Mataram.

Djayakusumah , Tams, 1982. Periklanan. Jakarta:Grafiti.

Engel, James F., Blackwell, Roger D., Paul W. 1994. Perilaku Konsumen (alih bahasa Budiyanto). Jakarta: Binarupa aksara.

Gandina. 2004. Analisis Sikap Mahsiswi POLBAN Terhadap Sabun Mandi Cair Merek Biore”

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium 1. Jakarta: Prenhallindo.

Kurniawan, Wibowo (2006), Pengaruh Iklan Televisi Swasta Terhadap Pembentukan Ekuitas Merek Produk Minuman Berenergi Extra Joss (Studi pada Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Universitas Brawijaya).

Nazir, Muh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Purnama, Lingga. 2001. Strategic Marketing Plan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Aplikasi Untuk strategi dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Kencana.

Shiffman, Leon G. dan Leslie Kanuk. 1994. Consumer Behavior. Prentince Hall.

Shimp, A Trence. 2000. Priklanan Promosi Dan Aspek Perubahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Swastha, Basu. 1995. Manajemen Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo 1999. Pengantar Bisnis Modern (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen (Edisi Pertama). Yogyakarta: BPFE.

Tyas, Herti C., 2012. Analisis Sikap Konsumen Terhadap Iklan Rinso Di Televisi

(Di Kelurahan Taman Sari Kecamatan Ampenan). Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Universitas Mataram. Untuk Kalangan Sendiri.




DOI: https://doi.org/10.35200/solid.v10i2.423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Solid

Jalan Kampus Universitas Teknologi Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp:082 339 778 340

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic Pengunjung