PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA XL DI KOTA MATARAM

Andhini Nurmala Sari, Eluiz Yansirus Saniyah, Fitria Ika Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan jenis data kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi sederhana. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa dari pengujian regresi, hasil perhitungan variabel bebas dapat disusun dalam suatu model berikut : Y = 0.198 + 0,128 X1 + 0,016 X2 + 0,275 X3 + 0,439 X4 + 0,039 X5 + 0,065 X6 + 0,182 X7. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui variabel yang berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan melihat variabel yang memiliki nilai probabilititas signifikansi < 0.05 yaitu distributor/tempat (X3) dengan nilai 0.039 dan promosi (X4) dengan nilai 0,001. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh secara parsial namun berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan melihat variabel yang memiliki nilai signifikansi probabilitasnya yang jauh diatas 0.05 yaitu produk (X1) dengan nilai sebesar 0.438, harga (X2) dengan nilai 0,893, orang/SDM (X5) dengan nilai 0,791, fasilitas fisik (X6) dengan nilai 0,655, dan proses (X7) dengan nilai 0,209. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa bauran pemasaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL Axiata. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran mampu mempengaruhi konsumen untuk membuat keputusan membeli suatu produk.

Full Text:

PDF

References


Armstrong, Gary and Kotler, Philip. 2015. Marketing An Introduction, Twelfth Edition, Pearson Education Limited, England.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2012 Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta : Deepublish

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss Semarang : BP universitas diponegoro

Muhson, Ali. 2015. Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Yogyakarta: FE UNY.

Nursalam, 2013. Metode Penelitian Edisi 3: Jakarta Salemba medika

Azizah dan Raharjo. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pasien Memilih Layanan Kesehatan. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Univesitas Negeri Semarang, Indonesia 2020

Erina Setyani. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Alat Tulis Hadi Sutrisno Putra 2 Limpung. Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang 2015

Nisa dan Mudayana Pengaruh Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Memilih Unit Rawat Jalan di Rumah Sakit Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. 2019

Website Resmi XL Axiata www.xl.co.id




DOI: https://doi.org/10.35200/solid.v11i2.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Solid

Jalan Kampus Universitas Teknologi Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp:082 339 778 340

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic Pengunjung