Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Merek Cleo Di Kota Praya

Dwi Tesna Andini

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian Air Mineral merek Cleo di kota Praya. Metode penelitian menggunakan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang bersumber dari Air Mineral merek Cleo baik sifatnya telah dipublikasikan atau peroleh langsung melalui wawancara. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 7.048 > 1.985 dan citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 3.636 > 1.985. Citra merek, harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian air mineral Cleo yang berarti bahwa secara bersama-sama citra merek dari sebuah produk yang baik, dan penentuan harga yang tepat dapat mengakibatkan keputusan pembelian semakin tinggi.

Kata Kunci: harga, citra merek, keputusan pembelian

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze brand image and price on purchasing decisions of mineral water Cleo brand in Praya. The research method uses quantitative method. Data collection techniques used observation and questionnaires. The types of data used primary and secondary data sourced from mineral water Cleo brand, whether published or obtained directly through interviews. The results of this study show that the price has a significant effect on purchasing decisions that is equal to 7.048 > 1.985 and brand image has a positive effect on purchasing decisions that is equal to 3.636 > 1.985. Brand image, price and promotion affect the decision to purchase mineral water Cleo brand which means that together the brand image of a good product, and determining the right price can lead to higher purchasing decisions. 

Keywords: price, brand image, purchasing decisions


Full Text:

PDF

References


Ferdinand, Augusty. 2006. Metode penelitian Manajemen: “Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tensis, dan disertai Ilmu Manajemen”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Kotler, Philip. 2005. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2014. Statistika Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.35200/solid.v11i2.501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Solid

Jalan Kampus Universitas Teknologi Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp:082 339 778 340

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic Pengunjung