Maksud dan Tujuan

Maksud dari dilakukannya kegiatan ini agar dapat diketahui tingkat kepuasan sivitas akademika dan mitra kerjasama dengan data mutakhir.

Tujuan adalah agar diketahui tingkat kepuasan sivitas akademika dan mitra kerjasama terhadap Layanan Manajemen yang kemudian diolah dengan menggunakan Skala Linkert dan dianalisis kemudian dibandingkan dengan target pencapaian yang tercantum dalam Rencana Strategis FTIK UTM 2019-2024.

Dengan adanya evaluasi ini dapat diketahui tingkat capaian terhadap target capaian yang telah ditentukan sehingga dapat diambil langkah-langkah perbaikan atau pengembangan strategi untuk periode capaian berikutnya

Metode Evaluasi

Menggunakan Kuesioner, untuk pengolahan Kuesioner dibantu dengan software Microsoft Excel, diolah dengan menggunakan Skala Likert dapat memperlihatkan item yang dinyatakan dalam beberapa respons alternatif (4=sangat baik (SB), 3=baik (B), 2=cukup baik (CB), 1=kurang baik (KB)). Interval Kriteria yang menjadi acuan yaitu :

Tabel Interval Kriteria

Responsen

Responden survey kepuasan terhadap Layanan Manajemen FTIK-UTM meliputi :

Tabel Data Jumlah Responden

Waktu dan Tempat Survey

Survey kepuasan Layanan Manajemen FTIK UTM dilakukan selama 1 bulan mulai pada tanggal 20 November – 20 Desember 2019, dilakukan secara online dengan menggunakan google form

Hasil Survey

Data terkumpul sejumlah 667 responden dari sivitas akademika dan 19 responden dari mitra kerjasama.

  • Jawaban Repsonden dari Sivitas Akademika yaitu : Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Lulusan.

Tabel Jawaban Responden dari Sivitas Akademika

  • Jawaban Responden dari Mitra Kerjasama yaitu : Pengguna dan Mitra.

Tabel Jawaban Responden dari Pengguna

Tabel Jawaban Responden dari Mitra

Persentase tingkat kepuasan terhadap Layanan Manajemen FTIK UTM dengan menggunakan Skala Linkert:

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Sivitas Akademika

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Pengguna dan Mitra

Berdasarkan Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Sivitas Akademika, dapat dilihat bahwa rata-rata tingkat kepuasan sivitas akademika FTIK terhadap Layanan Manajemen FTIK UTM adalah 76,00% yang berdasarkan interval terasuk kategori sangat baik dan berdasarkan Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Pengguna dan Mitra dapat dilihat bahwa rata-rata tingkat kepuasan mitra kerjasama terdapa Layanan Manajemen FTIK UTM adalah 73,86% yang berdasarkan interval termasuk kategori baik.

Jawaban Responden dari Program Studi 

1. Rekayasa Sistem Komputer (RSK)

a. Mahasiswa Rekayasa Sistem komputer

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Mahasiswa RSK Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Mahasiswa RSK Terhadap Layanan Manajemen

b. Dosen Rekayasa Sistem Komputer

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Dosen RSK Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Dosen RSK Terhadap Layanan Manajemen

c. Tenaga Kependidikan Rakayasa Sistem Komputer

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Tenaga Kependidikan RSK Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Tenaga Kependidikan RSK Terhadap Layanan Manajemen

2. Sistem Informasi (SI)

a. Mahasiswa Sistem Informasi

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Mahasiswa SI Terhadap Layanan Manajemen 

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Mahasiswa SI Terhadap Layanan Manajemen

b. Dosen Sistem Informasi

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Dosen SI Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Dosen SI Terhadap Layanan Manajemen

c. Tenaga Kependidikan Sistem Informasi

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Tenaga Kependidikan SI Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Tenaga Kependidikan SI Terhadap Layanan Manajemen

3. Teknologi Informasi (TF)

a. Mahasiswa Teknologi Informasi

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Mahasiswa TF Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Mahasiswa TF Terhadap Layanan Manajemen

b. Dosen Teknologi Informasi

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Dosen TF Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Dosen TF Terhadap Layanan Manajemen

c. Tenaga Kependidikan Teknologi Informasi

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Tenaga Kependidikan TF Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Tenaga Kependidikan TF Terhadap Layanan Manajemen

4. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

a. Mahasiswa Rekayasa Perangkat Lunak

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Mahasiswa RPL Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Mahasiswa RPL Terhadap Layanan Manajemen

b. Dosen Rekayasa Perangkat Lunak

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Dosen RPL Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Dosen RPL Terhadap Layanan Manajemen

c. Tenaga Kependidikan Rakayasa Perangkat Lunak

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Tenaga Kependidikan RPL Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Tenaga Kependidikan RPL Terhadap Layanan Manajemen

5. Teknik Informatika (TI)

a. Mahasiswa Teknik Informatika

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Mahasiswa TI Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Mahasiswa TI Terhadap Layanan Manajemen

b. Dosen Teknik Informatika

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Dosen TI Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Dosen TI Terhadap Layanan Manajemen

c. Tenaga Kependidikan Teknik Informatika

Tabel Persentase Tingkat Kepuasan Tenaga Kependidikan TI Terhadap Layanan Manajemen

Grafik Jawaban Kuesioner Kepuasan Tenaga Kependidikan TI Terhadap Layanan Manajemen

Berdasarkan hasil evaluasi dapat dikatakan tingkat kepuasan sivitas akademika FTIK UTM terhadap Layanan Manajemen FTIK UTM sudah termasuk dalam tingkat kepuasan yang sangat baik dan tingkat kepuasan mitra kerjasama terhadap Layanan Manajemen FTIK UTM sudah termasuk dalam tingkat kepuasan baik.

Leave a Comment

9 + 20 =