PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOFTWARE PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Muhammad Abdurrahman Sunni

Abstract

Abstrak: Penelitian  ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media software PhET sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 8 Mataram. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X Asta 3 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol adalah kelas X Asta 4. Data hasil prestasi belajar dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan diperoleh data untuk ranah kognitif  thitung = 4,05 dan ttabel = 1,67; sedangkan untuk ranah psikomotor thitung = 2,28 dan ttabel = 1,67 pada dk = 51 dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel  maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 8 Mataram.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.