Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Pada PT. Akbar Sinar Abadi

zaeniah zaeniah, Surni Erniwati

Abstract

Abstrak – Sistem penggajian yang selama ini dikelola oleh bendahara di PT. Akbar Sinar Abadi menggunakan sistem yang konvensional yaitu dengan cara mencatat seluruh data yang berhubungan dnegan gaji karyawan dan menginputnya ke microsoft excel. Kesulitan yang dihadapi oleh bendahara menggunakan sistem ini adalah dalam pembuatan slip gaji dan  laporan penggajian yang buat setiap bulan membutuhkan waktu yang cukup lama dan kurang efisien. Oleh karena itu pada penelitian ini dibuat sebuah sistem informasi penggajian yang dapat membantu bendahara untuk mengelola data gaji dengan output yang di cetak lansung dari sistem berupa slip gaji dan laporan data gaji. Metode Pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall. Tujuan dari penelitian ini adalah mengahasilkan sistem informasi penggajian yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Program yang dihasilkan berupa sistem informasi yang berbasis desktop.

 

Kata kunci:  Sistem; Sistem Informasi; Sistem Informasi Penggajian;

 



Abstract - Payroll system that has been managed by the treasurer at PT. Akbar Sinar Abadi uses a conventional system that is by recording all data related to employee salaries and input it into Microsoft Excel. The difficulty faced by the treasurer using this system is in making salary slips and payroll reports that make each month requires quite a long time and less efficient. Therefore in this study a payroll information system was created that could help the treasurer to manage salary data with printed output directly from the system in the form of pay slips and salary data reports. The system development method used in this study is the waterfall method. The purpose of this study is to produce a payroll information system that suits user needs. The resulting program is a desktop-based information system..                                       Keyword : System; Information Systems; Payroll Information System;

Full Text:

PDF

References

Agustina, F. I., Kembang, L. P., & Sekretari, A. (2019). PENGARUH TEMPAT DAN PROMOSI TERHADAP PERPINDAHAN MEREK PADA MATARAM MALL DI MATARAM. SOLID, 9(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.