Pembelajaran Fisika Berbantuan Quipper School Sebagai Media Pembelajaran

Anggun Variasi Islami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi gerak lurus dengan menggunkana media belajar Quipper School. Sebelumnya peneliti mendapatkan kurangnya minat siswa dalam mengulang materi pembelajaran dirumah secara manual sehingga prestasi belajar siswa menjadi rendah. Pada penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan kelas melalui Best Practice dimana guru dan peneliti menceritakan pengalaman terbaik dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi oleh pendidik dan tenaga kependidikan sehingga mampu memperbaiki mutu layanan pendidikan dan pembelajaran. Penggunaan Quipper School sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan prenstasi belajar siswa. Terlihat dari hasil tes pada siklus kedua yang mengalami peningkatan pada prestasi belajar dengan tingkat ketuntasan hingga 94,42% sedangkan pada siklus sebelumnya hanya 74,82%. Selain prestasi belajar, Quipper School juga dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar.

Full Text:

PDF

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Nurhasnawati (2011) Media Pembelajaran. Pekanbaru,Pusaka Riau

Rahmiati dan Pianda, Didi.2018. penggunaan quipper school melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol 2, No. 2

Sriwihajriyah, Nyimas dkk. 2012. Sistem Pembelajaran Dengan E-Learning Untuk Persiapan Ujian Nasional Pada Sma Pusri Palembang. Jurnal Sistem Informasi (JSI),VOL. 4, NO.1

Tim Pengembang Quipper School. (2014). QuipperSchool.

http://indonesia.quipperschool.com/

pada mei 2019 jam 23.10 wita

Trisnaningsih, Sari. 2016. Pengembangan Learning Management System Quipper School Pada Pembelajaran Materi Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 5 Nomor 6 Tahun 2016 diakses April 2019.

Uma, E. R. 2015. Pemanfaatan Quipper School di Kalangan Siswa SMA (Studi Deskriptif tentang Pemanfaatan Quipper School sebagai Media Pendukung Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jombang). Surabaya: Universitas Airlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.