Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital SMAN 1 Sakra

Surni Erniwati, Zaeniah zaeniah

Abstract

Abstrak – Perpustakaan  bagian yang sangat erat kaitannya dengan siswa, dimana perpustakaan sebagai tempat menyediakan literatur-literatur yang mendukung kegiatan pembelajaran. Selain siswa, guru, mahasiswa, dosen dan masyarakat sangat membutuhkan perpustakaan yang menyediakan literatur-literatur untuk mendukung dalam pembelajaran. Perpustakaan pada umumnya seperti gudang buku, di mana buku-buku, jurnal, hasil penelitian dan majalah berada di rak-rak yang tertata dengan sangat rapi. Sehingga untuk membacanya harus datang ke perpustakaan dan mencari buku yang butuhkan. Dengan perkembangan teknologi informasi, perpustakaan dituntut untuk menyediakan sumber-sumber informasi dalam bentuk elektronik. Pemanfaatan informasi dalam bentuk elektronik saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern masyarakat. Hal ini harus dilakukan untuk memenuhi tuntutan terhadap mutu layanan perpustakaan, resource sharing, mengefektifkan sumber daya manusia, efisiensi waktu dan keragaman informasi yang dikelola. Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang menerapkann konsep E-CRM. Customer Relationship Management (CRM) yang merupakan strategi untuk memperoleh, mengkonsolidasi, menganalisa data, untuk kemudian digunakan untuk berinteraksi dengan customer (pengguna perpustakaan: siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan masyarakat), dengan demikian akan tercipta suatu pandangan yang komprehensif terhadap customer dan hubungan yang lebih baik dengan customer sedangkan E-CRM merupakan CRM yang diterapkan secara elektronik dengan menggunakan web browser, internet dan media elektronik lainnya.

Full Text:

PDF

References

Agustina, F. I., Kembang, L. P., & Sekretari, A. (2019). PENGARUH TEMPAT DAN PROMOSI TERHADAP PERPINDAHAN MEREK PADA MATARAM MALL DI MATARAM. SOLID, 9(2).

Yansirus, E. S., Azmi, H. (2019).THE EFFECT OF DIVIDENDS PER SHARE ON STOCK PRICES AND FINANCIAL PERFORMANCE OF AUTOMOTIVE COMPANIES LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE FROM 2012 TO 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.