IMPLEMENTASI FIREWALL FILTER RULE MIKROTIK BERBASIS WEBSITE PADA KANTOR DESA KAYANGAN

Beni Ari Hidayatulloh, Rudi Muslim, Yan Santosa, Emi Suryadi

Abstract

Winbox merupakan salah satu program aplikasi berbasis windows yang digunakan dalam mengakses maupun melakukan remote RouterOs berbasis Mikrotik yang ada pada Kantor Desa Kayangan. Meskipun demikian dalam praktek administrator jaringan pada kantor Desa Kayangan masih kesulitan dalam menentukan dan memilih fitur pada aplikasi winbox yang akan digunakan untuk  membuat Firewall pada jaringan internet. Oleh karena itu dibutuhkan program bantu mikrotik yang dapat membantu administrator dalam membuat Firewall sesuai dengan kebutuhan administrator jaringan pada kantor Desa Kayangan yaitu salah satunya dengan menggunakan program bantu aplikasi. Dalam penelitian ini, pengembangan program bantu aplikasi Firewall Filter Rule Mikrotik Berbasis Website menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall dengan bahasa pemrograman PHP dan integrasi Application Programming Interface (API) website PHP. Adanya  penelitian ini dapat membantu administrator jaringan pada kantor Desa Kayangan dalam membuat Firewall Mikrotik untuk melakukan pemblokiran terhadap akses situs yang tidak dizinkan.

Keywords

Firewall, Filter_Rule, API _Website_PHP, Waterfall, RouterOs

Full Text:

PDF

References

Deni Ahmad Jakaria, A. Y. (2020). Implementasi Firewall Dan Web Filtering Pada Mikrotik Routeros Untuk Mendukung Internet Sehat Dan Aman (Insan). JUTEKIN (Jurnal Teknik Informatika), 8(2), 83

Hartini. (2020). Analisis Sistem Keamanan Jaringan Wifi Menggunakan Metode Ndlc Pada Kantor Desa Bululondong. In International Journal Of Hypertension (Vol. 1, Issue 1).

I Kadek Juni Arta, & Nyoman Bagus Suweta Nugraha. (2020). Implementasi Aplikasi User Management Hotspot Mikrotik Berbasis Php Dengan Application Programing Interface (Api) Dan Framework Bootstrap. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 3(1), 66–71.

Kurniawan, H., Dedy Irawan, J., & Ariwibisono, F. . (2020). Implementasi Squid Proxy Pada Mikrotik Dan Monitoring Traffic Jaringan Berbasis Website. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 136–143..

POHAN, H. I. (2019). ANALISIS DAN INPLEMENTASI INTERNET GATEWAY MENGUNAKAN MIKROTIK ROUTERBOARD DI VIRTUALBOX. UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN..

Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9

Titus Hendrady, A. (2015). Perancangan Program Bantu Mikrotik Menggunakan API ( Application Programming Interface ) PHP class Mikrotik. April, 1–21.

M. Subli, “Implementasi Aplikasi User Manager Mikrotik Berbasis Web Pada Sma Negeri 7 Mataram,” Explore, vol. 10, no. 2, p. 12, 2020, doi: 10.35200/explore.v10i2.374.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5.

Zakaria, A., Prihantara, A., & Hartono, A. A. (2019). Integrasi Application Programing Interface, PHP, dan MySQL untuk Otomatisasi Verifikasi dan Aktifasi Pengguna Layanan Hotspot MikroTik. JUITA : Jurnal Informatika, 7(2), 63.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.