D3 Manajemen Informatika
Deskripsi Singkat
Program studi Manajemen Informatika sebagai salah satu program studi pendidikan Vokasi (diploma) di Universitas Teknolog Mataram. Lulusan yang ingin dihasilkan program studi Manajemen Informatika adalah lulusan sebagai:
Information Management Supervisor yang Merupakan orang yang
bertugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan pengarahan secara teknis maupun sistematis atas pelaksanaan kegiatan dibidang manajemen informasi.
Junior Web Programmer merupakan orang yang bertugas sebagai programmer pemula dan masih harus bergantung pada panduan bahasa pemrogramman yang digunakannya serta bimbingan dari programmer senior.
Technopreneur merupakan orang yang bekerja sebagai wirusahawan dengan memanfaatkan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikas
Muhamad Masjun Efendi, S.ST., M.Kom
Kaprodi D3 Manajemen Informatika
Visi & Misi
Visi
Terwujudnya program studi Manajemen Informatika yang unggul secara nasional dalam bidang manajemen informasi dan pemrograman web berlandaskan jiwa kewirausahaan dan berakhlak mulia pada tahun 2030.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis teknologi informasi sesuai kebutuhan stakeholder.
- Mengembangkan sumber daya manusia profesional yang memiliki keahlian dalam bidang pemrograman komputer serta mampu menerapkan keahliannya dalam bentuk karya-karya inovasi sesuai kebutuhan masyarakat.
- Mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki etika profesi dan berakhlak mulia.
Tujuan
- Mewujudkan program studi manajemen informatika yang unggul dalam bidang pemrograman komputer pada tahun 2030 secara nasional.
- Mewujudkan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis teknologi informasi yang berdaya saing sesuai kebutuhan stakeholder.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam bidang pemrograman web dan multimedia yang berdaya saing sesuai kebutuhan stakeholder.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian berkarya dan mandiri dalam bidang pemrograman komputer sesuai perkembangan teknologi informasi.
- Menghasilkan lulusan yang mampu merancang, mendesain dan mengaplikasikan pemrograman web dan multimedia sesuai kebutuhan stakeholder.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan pemrograman web yang berdaya guna dan berhasil guna untuk peningkatan mutu kehidupan masyarakat.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki etika, kepribadian, integritas dan akhlak mulia yang didasarkan pada iman dan taqwa.
Strategi
Sasaran yang ingin dicapai program Studi Manajemen Informatika sampai tahun 2030 adalah:
- Melakukan sosialisasi VMTS Program Studi D3 Manajemen Informatika secara berkelanjutan;
- Menerapkan kebijakan organisasi secara konsisten untuk menjamin terselenggaranya tata pamong dan tata kelola yang baik;
- Menjalin kerjasama dengan instansi di dalam dan di luar negeri khususnya dalam bidang pengembangan perangkat lunak serta basisdata serta mengoptimalkan keberlanjutannya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang dilakukan;
- Melakukan sosialisasi yang lebih efektif dengan mengenalkan secara lebih banyak keunggulan dari Program Studi D3 Manajemen Informatika untuk menjaring calon mahasiswa yang lebih berkualitas.
- Memberikan kesempatan kepada dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dan kompetensinya;
- Melaksanakakan kegiatan pengelolaan keuangan, sarana, dan prasarana pendidikan maupun penunjang pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
- Melaksanakan kegiatan pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
- Melaksanakan kegiatan penelitian sesuai dengan peta jalan penelitian khususnya bidang manajemen informasi dan pemrograman web secara konsisten.
- Melaksanakan kegiatan PkM dengan mengembangkan produk dan layanan dalam bidang pengembangan perangkat lunak dan basis data sesuai dengan peta jalan PkM secara konsisten;
Profile Lulusan
D3 Manajemen Informatika
Adapun Profil lulusan dari Program Studi Manajemen Informatika (Program Diploma) Universitas Teknologi Mataram adalah sebagai berikut ini:
- Information Management Supervisor
Merupakan orang yang bertugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan pengarahan secara teknis maupun sistematis atas pelaksanaan kegiatan dibidang manajemen informasi - Junior Web Programmer
Merupakan orang yang bertugas sebagai programmer pemula dan masih harus bergantung pada panduan bahasa pemrogramman yang digunakannya serta bimbingan dari programmer senior. - Technopreneur
Merupakan orang yang bekerja sebagai wirusahawan dengan memanfaatkan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
D3 Manajemen Informatika
Aspek Sikap, meliputi:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religus
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat huum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternaslisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri
- Menginternaslisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Aspek Pengetahuan, Meliputi:
- Menguasi konsep teoritis dalam memecahkan maslah pada JCT (lCT Problem Solving) sehingga mampu mengidentifikasi permaslahan pada organisai dengan jelas, memahami tujuan organisasi, mengidentifikasi proses-proses pada organisasi (organizational processes), dan memodelkan proses bisnis ke dalam Business Process Model and Notation
- Menguasai konsep teoritas profesi Sistem lnformasl [Professional IS) meliputi: etika, profesionalisme, konsep kerja sama dan kepemimpinan, IS career path serta komunikasi interpersonal sehingga mempu bekerja secara profesional sesuai dengan bidangnya
- Menguasai teori praktis kewirausahaan untuk memberikan wawasan kewirausahaan dan membangkitkan semangat wirausaha
- Menguasai teori praktis penyimpanan dokumen pada teknologi cloud sehingga dapat bekerja secara kolaboratif mengamankan, dan mernudahkan penemuan kembali dokumen
- Menguasai teori praktis penyusunan karya ilmiah sesuai dengan format yang berlaku dan teknik penulisan sitasi untuk menghindari plagiasi
- Menguasi teori praktik yang berkaitan dengan teori himpunan, logika, relasi, dungsi, graf, dan pohon sehingga dapat mengimplementasikan dasar-dasar matematika dalam bidang teknologi informasi
- Menguasai konsep ketuhanan, kemasyarakatan, kebangsaan, serta etika sosial dalam kehidupan bermasyarakt dan bernegara
- Menguasi Konsep praktis nilai, etika, dan norma akademik
- Memahami konsep proses evaluasi sistem terhadap intraksi pengguna dan evaluasi sistem terhadap kondisi existing dan feedback dari pengguan
- Menguasai Konsep User Experience pada proses pengembangan sistem untuk membuat rancangan user experience dengan pendekatan user-centered design serta menjelaskan perancangan interaksi manusia dan komputer sesuai kebutuhan sistem
- Menguasai konsep analisis data, pemodelan data, dan teknik jaminan kualitas (teknik normalisasi) untuk menyusun struktur data dan komponen terkait (deskripsi entitas, relasi, dan atribut)
- Menguasai konsep rekayasa perangkat lunak serta penggalian spesifikasi kebutuhan sistem informasi ssesuai proses bisnis yang berjalan pada organisasi
- Menguasai konsep penyususnan rancangan sistem informasimenggunakan model Unifield Modelling Language serta menerjemahkan rancangan lojik ke rancangan fisik
- Menguasai konsep implementasi skema lojik basis data ke lingkungan fisik (Database Management System) dan penggunaan Structured Query Languange (SQL) untuk mengolah data menjadi informasi yang relevan bagi organisasi
- Menguasai konsep penyusunan dokumen panduan penggunaan perangkat lunak (sistem Informasi)
- Menguasai konsep arsitektur dan organisasi komputer, pengoperasian sistem operasi, dan mekanisme kerja jaringan komputer sebagai bagian dari komponen sistem informasi
- Menguasai konsep dasar algoritma dan implementasi algoritma ke dalam bahasa pemrograman
- Menguasai konsep pemrograman berorientasi obyek
- Menguasai konsep pembuatan website statis menggunakan HTML 5, CSS 3, dan tools pendukung lainnya
- Menguasai konsep pemrograman web mencakup client side scripting dan server side scripting menggunakan framework untuk mendukung pemrograman berorientasi objek di teknologi web
- Menguasai konsep pemrograman pada teknologi mobile (perangkat bergerak)
- Menguasai konsep pengujian perangkat lunak, menysusn test case, pelaksanaan pengujian, serta penyusunan dokumen pengujian perangkat lunak untuk memenuhi sofware requirement (kebutuhan perangkat lunak) yang telah didefinisikan
- Menguasai konsep sistem informasi manajemen
- Menguasai konsep audit sistem informasi berstandar iternasional
- Menguasai konsep pembuatan objek dan karakter 3D
- Menguasai konsep pembuatan video animasi 3D
- Menguasai konsep pembuatan film berdasarkan storyboard
Aspek Keterampilan Umum, meliputi:
- Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganlisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku
- Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur
- Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasakan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
- Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara kurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
- Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
- Mampu bertanggung jawab atas pencapainn hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadapa penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berasa di bawah tanggung jawabnya
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawab, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
Aspek Keterampilan Khusus, Meliputi:
- Mampu nembangun perangkat lunak (sistem informasi) berbasis web dan mobile dilengkapi dengan dokumentasi membangun perangkat lunak
- Mampu menyusun test case, melakukan pengujian perangkat lunak, serta mendokumentasikan hasil
pengujian peranakat lunak - Mampu mengimplementasikan dasar-dasar matematika dalam bidang Teknologi Informasi
- Mampu mengindentifikasi proses-proses pada organisas (organizational processes) serta mendokumentasikan model proses bisnis dalam Business Process Model and Natation
- Mampu mengevaluasi sistem aplikasi dengan memperhatikan pengalaman pengguna, karakteristik pengguna, dan tugas-tugasnya, serta lingkungan fisik dimana perangkat lunak akan di operasikan
- Mampu membuat rancangan user experience dengan pendekatan user-centered design pada proses pengembangan sistem
- Mampu menganalisis data, memodelkan data, dan menerapakan teknik jaminan kualitas (teknik normalisasi) berdasakan pemahaman yang rinci tentang peroses bisnis untuk menyusun struktur data dan komponen terkait (deskripsi entitas, relasi, dan atribut)
- Mampu menysun spesisfikasi kebutuhan sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan (tujuan) organisasi ke dalam dokumen software Requirement Specification dan Sofware design Description)
- Mampu menyusun rancangan sistem informasi menggunakan model Unified Modelling Language serta menerjemahkan rancangan lojik ke rancang fisik
- Mampu menerjemahkan rancangan struktur data ke dalam skema basis data relasional serta mengolah data menjadi informasi yang relevan dengan kebutuhan organisasi
- Mampu mengukur efeknvitas implementasi sistem informasi pada oragniasi
- Mampu membuat objek dan karakter 3D
- Mampu membuat video animasi berbasis 3D
- Mampu menerjemahkan rancangan storyboard kedalam video
Kurikulum
D3 Teknik Komputer
SEMESTER 1 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076101 | PANCASILA | 2 | 0 | 2 |
2 | 076102 | BAHASA INGGGRIS 1 | 2 | 0 | 2 |
3 | 076103 | PENGEMBANGAN DIRI | 2 | 0 | 2 |
4 | 076104 | ALGORITMA & PEMROGRAMAN | 3 | 1 | 4 |
5 | 076105 | KKPI | 0 | 2 | 2 |
6 | 076106 | PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 0 | 3 |
7 | 076107 | ALJABAR LINIER | 3 | 0 | 3 |
8 | 076108 | ENTERPRENEURSHIP 1 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 17 | 3 | 20 |
SEMESTER 2 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076201 | AGAMA | 2 | 0 | 2 |
2 | 076202 | BAHASA INGGRIS 2 | 2 | 0 | 2 |
3 | 076203 | SISTEM BASIS DATA | 2 | 2 | 2 |
4 | 076204 | DASAR INFRASTRUKTUR TI | 3 | 0 | 3 |
5 | 076205 | SISTEM OPERASI | 3 | 0 | 3 |
6 | 076206 | MATEMATIKA STI | 3 | 0 | 3 |
7 | 076207 | 3D GRAFIC ANIMATION | 0 | 2 | 2 |
8 | 076208 | ENTREPRENEURSHIP 2 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 16 | 4 | 21 |
SEMESTER 3 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076301 | KEWARGANEGARAAN | 2 | 0 | 2 |
2 | 076302 | STRUKTUR DATA | 3 | 0 | 3 |
3 | 076303 | SISTEM INFORMASI MANAJEMEN | 2 | 0 | 2 |
4 | 076304 | INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER | 2 | 2 | 4 |
5 | 076305 | ANALISA PERANCANGAN SI | 3 | 0 | 3 |
6 | 076306 | TEKNOLOGI MOBILE & MULTIMEDIA | 2 | 0 | 2 |
7 | 076307 | ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER | 3 | 0 | 3 |
8 | 076308 | TECHNOPRENEURSHIP 1 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 19 | 2 | 21 |
SEMESTER 4 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076401 | BAHASA INDONESIA | 2 | 0 | 2 |
2 | 076402 | ARSITEKTUR & LAYANAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 0 | 2 |
3 | 076403 | TEKNOLOGI INTEGRASI & MIGRASI SISTEM | 3 | 0 | 3 |
4 | 076404 | PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK | 0 | 3 | 3 |
5 | 076405 | PEMROGRAMAN WEB | 0 | 2 | 2 |
6 | 076406 | PEMROGRAMAN MOBILE | 0 | 2 | 2 |
7 | 076407 | KOMUNIKASI DATA & JARINGAN KOMPUTER | 3 | 0 | 3 |
8 | 076408 | TECHNOPREUNERSHIP 2 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 12 | 7 | 19 |
SEMESTER 5 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076501 | PENGANTAR KEAMANAN SIBER | 3 | 0 | 3 |
2 | 076502 | KOMPUTASI AWAN | 3 | 0 | 3 |
3 | 076503 | STATISTIK DAN PROBABILITAS | 2 | 1 | 3 |
4 | 076504 | PEMROGRAMAN JARINGAN | 0 | 2 | 2 |
5 | 076505 | KEAMANAN INFORMASI & JARINGAN | 3 | 0 | 3 |
6 | 076506 | MANAJEMEN PROYEK TI | 2 | 0 | 2 |
7 | 076508 | KOMPUTER TERDISTRIBUSI | 2 | 0 | 2 |
8 | 076509 | KRIPTOGRAFI | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 19 | 3 | 20 |
SEMESTER 6 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076601 | SISTEM FORENSIK DIGITAL | 3 | 0 | 3 |
2 | 076602 | TEKNOLOGI TERKINI | 2 | 0 | 2 |
3 | 076603 | JARINGAN VIRTUAL | 2 | 0 | 2 |
4 | 076604 | JARINGAN NIRKABEL | 2 | 0 | 2 |
5 | 076605 | TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 0 | 3 |
JUMLAH | 12 | 0 | 12 | ||
MATA KULIAH PILIHAN (Maksimal 6 SKS) | |||||
1 | 076606 | KEAMANAN DAN KETAHANAN SIBER | 2 | 0 | 2 |
2 | 076607 | MOBILE FORENSIK | 2 | 2 | 4 |
3 | 076608 | DATA WIREHOUSE & BUSINESS INTELEGENCE | 2 | 0 | 2 |
4 | 076609 | PERANCANGAN KEAMANAN INFORMASI DAN JARINGAN | 2 | 0 | 2 |
5 | 076610 | INTERNET OF THINGS 1 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH SKS MK PILIHAN | 4 | 2 | 6 | ||
JUMLAH TOTAL SKS SEMESTER 6 | 16 | 2 | 18 |
SEMESTER 7 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076701 | HUKUM DAN ETIKA PROFESI TI | 2 | 0 | 2 |
2 | 076702 | RISET TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 0 | 3 |
3 | 076703 | KECAKAPAN INTERPERSONAL | 2 | 0 | 2 |
4 | 076704 | KERJA PRAKTEK | 0 | 3 | 3 |
5 | 076705 | KREATIF DIGITAL | 3 | 0 | 3 |
JUMLAH | 10 | 3 | 13 | ||
MATA KULIAH PILIHAN (Maksimal 6 SKS) | |||||
1 | 076706 | FORENSIK BERGERAK & MULTIMEDIA | 2 | 2 | 4 |
2 | 076 707 | KEAMANAN WEB | 2 | 0 | 2 |
3 | 076708 | INTERNET OF THINGS 2 | 2 | 0 | 2 |
4 | 076709 | FORENSIK JARINGAN | 2 | 0 | 2 |
5 | 076710 | KAPITA SELEKTA TI | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH SKS MK PILIHAN | 4 | 2 | 6 | ||
JUMLAH TOTAL SKS SEMESTER 7 | 14 | 5 | 19 |
SEMESTER 8 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076801 | SEMINAR | 0 | 2 | 2 |
2 | 076802 | SKRIPSI | 0 | 4 | 4 |
JUMLAH | 0 | 6 | 6 | ||
JUMLAH TOTAL SKS S1 TEKNOLOGI INFORMASI | 112 | 32 | 144 |