S1 Teknologi Informasi
Deskripsi Singkat
Program studi Teknologi Informasi hadir memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan manajemen berbasis Teknologi Informasi. Dalam menjalani perkuliahan, mahasiswa akan dibimbing oleh pengajar yang berkualitas. Jumlah tenaga pengajar di Program studi teknologi informasi ini adalah 8 orang dosen yang memiliki kualifikasi 1 orang Doctor candidate dan 7 orang berpendidikan S2. Kurikulum yang disusun selalu diperbaharui dengan mengacu kepada kurikulum terkini di bidang Teknologi Informasi.
Pembelajaran di Program studi Teknologi Informasi menerapkan program student-centered learning (SCL) yang menitikberatkan keaktifan mahasiswa melalui metode diskusi kelompok, presentasi kelompok, tugas individu dan tugas kelompok. Mahasiswa akan diberikan pembelajaran konsep dasar computing dan matematika, prinsip teknologi informasi, standar dalam teknologi informasi, proses analisis, perencanaan, pengelolaan dan evaluasi terkait sumber daya informasi, keterampilan umum dan khusus. Pembelajaran mahasiswa dilengkapi dengan sarana ruang kelas, perpustakaan, ruang penunjang dan laboratorium.
Lalu Delsi Samsumar, M.Eng
Kaprodi S1 Teknologi Informasi
Visi & Misi
Visi
Menjadi program studi yang unggul secara nasional dalam bidang Cyber Security dan Internet of Things (IoT) berlandaskan jiwa wirausaha pada tahun 2030.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan di bidang Cyber Security dan Internet of Things berlandaskan jiwa wirausaha.
- Melaksanakan penelitian di bidang Cyber Security dan Internet of Things yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pemberdayaan usaha kecil dan menengah dengan mengembangkan produk dan layanan dalam bidang Cyber Security dan Internet of Things;
- Membangun kerjasama dengan industri khususnya dalam bidang Teknologi Informasi baik di tingkat nasional maupun internasional.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang unggul di bidang Cyber Security dan Internet of Things yang berlandaskan jiwa wirausaha dan mampu menciptakan peluang yang inovatif.
- Menghasilkan penelitian di bidang Cyber Security dan Internet of Things yang bermutu dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat;
- Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk produk dan layanan dalam bidang Cyber Security dan Internet of Things yang bermutu dan bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah;
- Mewujudkan kerjasama di bidang Teknologi Informasi yang bermutu dan berkelanjutan baik di tingkat nasional maupun internasional.
Strategi
03
- Melakukan sosialisasi VMTS Program Studi Teknologi Informasi secara berkelanjutan;
- Menerapkan kebijakan organisasi secara konsisten untuk menjamin terselenggaranya tata pamong dan tata kelola yang baik;
- Menjalin kerjasama dengan instansi di dalam dan di luar negeri khususnya dalam bidang Teknologi Informasi serta mengoptimalkan keberlanjutannya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang dilakukan;
- Melakukan sosialisasi yang lebih efektif dengan mengenalkan secara lebih banyak keunggulan dari program studi Teknologi Informasi untuk menjaring calon mahasiswa yang lebih berkualitas.
- Memberikan kesempatan kepada dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dan kompetensinya;
- Melaksanakakan kegiatan pengelolaan keuangan, sarana, dan prasarana pendidikan maupun penunjang pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
- Melaksanakan kegiatan pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
- Melaksanakan kegiatan penelitian sesuai dengan peta jalan penelitian khususnya bidang Teknologi Informasi secara konsisten.
- Melaksanakan kegiatan PkM dengan mengembangkan produk dan layanan dalam bidang Teknologi Informasi sesuai dengan peta jalan PkM secara konsisten.
Profile Lulusan
S1 Telnologi Informasi
- Spesialis Keamanan Siber (Cyber Security), memiliki kemampuan untuk memastikan sistem sesuai standar, mengidentifikasi kerentanan, memantau dan merespon serangan, dan mencegah pembobolan data.
- Analis Keamanan Komputer (Internet Security Analyst), memiliki kemampuan untuk merancang, melaksanakan, ataupun memantau langkah-langkah keamanan untuk melindungi jaringan komputer dan informasi dalam sebuah perusahaan ataupun lembaga. Keahlian ini sangat penting di era digital sekarang dikarenakan kontrol keamanan dan kerahasiaan file digital dan infrastruktur elektronik vital perusahaan ditentukan olehnya.
- Konsultan TI (IT Consultant), memiiki kemampuan untuk memberikan nasihat kepada kliennya mengenai penggunaan teknologi informasi yang dapat memenuhi sasaran bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. Dengan demikian, konsultan IT bertanggung jawab dalam merancang struktur dan efisiensi sistem IT dari kliennya.
- Manajer IT (IT Manager), memiliki kemampuan untuk bertanggung jawab dalam merencanakan, memulai, dan mengelola proyek teknologi informasi. Tugas seorang manajer IT harus dapat memimpin dan mengarahkan para pegawai teknis dibawahnya untuk meningkatkan produktivitas perusahaannya melalui aspek teknologi informasi. Aspek tersebut berupa pemeliharaan aset perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komputer, serta basis data yang dimiliki perusahaan. Oleh karena itu, seorang manajer IT harus memiliki pengetahuan mengenai pengelolaan teknologi dan informasi serta kemampuan kepemimpinan yang kuat.
- Pengembang Layanan Awan (Cloud Computing)*
- Spesialis IoT (Internet of Things)**
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
S1 Teknologi Informasi
Aspek Sikap, meliputi:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Aspek Keterampilan Umum, meliputi:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Memiliki keterampilan untuk meralisasikan semangat belajar berkelanjutan dan menerapkannya dalam kehidupan
- Memiliki keterampilan untuk mengaplikasikan praktik rekayasa Teknologi informasi berdasarkan pada kondisi lingkungan saat ini untuk mencapai keberlanjutan lingkungan
Aspek pengetahuan, meliputi:
- Menguasai prinsip pemodelan matematika, program linear, metode numerik dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai teknis untuk menganalisis dan menggunakan metode yang ada, sumber daya, dan peralatan yang tepat untuk memecahkan masalah teknik rumit dan kegiatan yang berkaitan dengan teknologi informasi
- Menguasai konsep untuk merancangan komponen, sistem, dan proses yang berkaitan dengan konteks Teknologi informasi untuk memecahkan permasalahan berdasar kebutuhan yang spesifik dan pertimbangan kontekstual yang ada
- Menguasai cara untuk melakukan kegiatan pengumpulan data melalui serangkaian aktivitas analisis dan sintesis untuk menyelasaikan permasalahan yang komplek dengan menggunakan data eksperimen dan mengolah hasilnya
- Menguasai kemampuan untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi, mampu memilih pendekatan/metode/teknik/algoritma yang sesuai dan mampu merepresentasikan pengetahuan dan daya nalar dalam menemukan suatu solusi
- Menguasai daya nalar atau logika dalam memecahkan suatu permasalahan yang ditransformasikan ke dalam sistem atau aplikasi menggunakan sebuah algoritma
- Menguasai konsep, analisis, merancang, membuat dan mengimplementasi sistem informasi, aplikasi game, aplikasi multimedia pada perangkat digital, programmable logic dan mobile computing.
- Menguasai konsep, ilmu statistika untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dasar bisnis berbasis teknologi, berjiwa usaha, menguasai penggunaan perangkat teknologi informasi, berkomunikasi dengan baik, jujur, beretika, tanggungjawab dan menjalin komunikasi.
Aspek Keterampilan Khusus, Meliputi:
- Memiliki kemampuan untuk membuat, memilih, dan mengaplikasikan teknik, sumber daya, dan perangkat modern berbasis Teknologi informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks
- Mampu merancang, mengintegrasikan, dan mengelola platform atau koponen perangkat keras maupun perangkat lunak menggunakan pemrograman integratif untuk mendukung aplikasi berbasis komputer
- Mampu merancang, membangun dan mengelola perangkat elektronik berbasis sensor yang terkoneksi dengan internet untuk mempercepat dan mempermudah penyampaian informasi (IoT) dan mengelola aplikasi berbasis komputer menggunakan layanan awan untuk memenuhi kebutuhan organisasi
- Mampu menerapkan sistem, menerapkan alat, dan menggunakan konsep untuk meminimalkan risiko pada ruang maya organisasi untuk mengatasi ancaman keamanan siber.
- Mampu melakukan analisis malware pada sistem komputer dan melakukan analisis forensik pada jaringan lokal, pada data yang tersimpan dalam suatu sistem serta perangkat seluler untuk lingkungan perusahaan.
- Mampu mendesain prosedur keamanan, berdasarkan prinsip keamanan siber, mengenai masalah privasi untuk sistem berbasis komputasi yang mengatasi tantangan keamanan dalam lingkungan komputasi.
Kurikulum
S1 Teknologi Informasi
SEMESTER 1 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076101 | PANCASILA | 2 | 0 | 2 |
2 | 076102 | BAHASA INGGGRIS 1 | 2 | 0 | 2 |
3 | 076103 | PENGEMBANGAN DIRI | 2 | 0 | 2 |
4 | 076104 | ALGORITMA & PEMROGRAMAN | 2 | 2 | 4 |
5 | 076105 | KKPI | 0 | 2 | 2 |
6 | 076106 | PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 0 | 3 |
7 | 076107 | ALJABAR LINIER | 3 | 0 | 3 |
8 | 076108 | ENTERPRENEURSHIP 1 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 16 | 4 | 20 |
SEMESTER 2 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076201 | AGAMA | 2 | 0 | 2 |
2 | 076202 | BAHASA INGGRIS 2 | 2 | 0 | 2 |
3 | 076203 | SISTEM BASIS DATA | 2 | 2 | 2 |
4 | 076204 | DASAR INFRASTRUKTUR TI | 3 | 0 | 3 |
5 | 076205 | SISTEM OPERASI | 3 | 0 | 3 |
6 | 076206 | MATEMATIKA STI | 3 | 0 | 3 |
7 | 076207 | 3D GRAFIC ANIMATION | 0 | 2 | 2 |
8 | 076208 | ENTREPRENEURSHIP 2 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 17 | 4 | 21 |
SEMESTER 3 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076301 | KEWARGANEGARAAN | 2 | 0 | 2 |
2 | 076302 | STRUKTUR DATA | 3 | 0 | 3 |
3 | 076303 | SISTEM INFORMASI MANAJEMEN | 3 | 0 | 2 |
4 | 076304 | INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER | 2 | 2 | 4 |
5 | 076305 | ANALISA PERANCANGAN SI | 3 | 0 | 3 |
6 | 076306 | TEKNOLOGI MOBILE & MULTIMEDIA | 2 | 0 | 2 |
7 | 076307 | ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER | 3 | 0 | 3 |
8 | 076308 | TECHNOPRENEURSHIP 1 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 20 | 2 | 21 |
SEMESTER 4 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076401 | BAHASA INDONESIA | 2 | 0 | 2 |
2 | 076402 | ARSITEKTUR & LAYANAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 0 | 2 |
3 | 076403 | TEKNOLOGI INTEGRASI & MIGRASI SISTEM | 3 | 0 | 3 |
4 | 076404 | PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK | 0 | 3 | 3 |
5 | 076405 | PEMROGRAMAN WEB | 0 | 2 | 2 |
6 | 076406 | PEMROGRAMAN MOBILE | 0 | 2 | 2 |
7 | 076407 | KOMUNIKASI DATA & JARINGAN KOMPUTER | 3 | 0 | 3 |
8 | 076408 | TECHNOPREUNERSHIP 2 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 12 | 7 | 19 |
SEMESTER 5 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076501 | PENGANTAR KEAMANAN SIBER | 3 | 0 | 3 |
2 | 076502 | KOMPUTASI AWAN | 3 | 0 | 3 |
3 | 076503 | STATISTIK DAN PROBABILITAS | 3 | 0 | 3 |
4 | 076504 | PEMROGRAMAN JARINGAN | 0 | 2 | 2 |
5 | 076505 | KEAMANAN INFORMASI & JARINGAN | 2 | 1 | 3 |
6 | 076506 | MANAJEMEN PROYEK TI | 2 | 0 | 2 |
7 | 076508 | KOMPUTER TERDISTRIBUSI | 2 | 0 | 2 |
8 | 076509 | KRIPTOGRAFI | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 17 | 3 | 20 |
SEMESTER 6 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076601 | SISTEM FORENSIK DIGITAL | 3 | 0 | 3 |
2 | 076602 | TEKNOLOGI TERKINI | 2 | 0 | 2 |
3 | 076603 | JARINGAN VIRTUAL | 2 | 0 | 2 |
4 | 076604 | JARINGAN NIRKABEL | 2 | 0 | 2 |
5 | 076605 | TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 0 | 3 |
JUMLAH | 12 | 0 | 12 | ||
MATA KULIAH PILIHAN (Maksimal 6 SKS) | |||||
1 | 076606 | KEAMANAN DAN KETAHANAN SIBER | 2 | 0 | 2 |
2 | 076607 | MOBILE FORENSIK | 0 | 2 | 4 |
3 | 076608 | DATA WIREHOUSE & BUSINESS INTELEGENCE | 2 | 0 | 2 |
4 | 076609 | PERANCANGAN KEAMANAN INFORMASI DAN JARINGAN | 2 | 0 | 2 |
5 | 076610 | INTERNET OF THINGS 1 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH SKS MK PILIHAN | 2 | 4 | 6 | ||
JUMLAH TOTAL SKS SEMESTER 6 | 14 | 4 | 18 |
SEMESTER 7 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076701 | HUKUM DAN ETIKA PROFESI TI | 2 | 0 | 2 |
2 | 076702 | RISET TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 0 | 3 |
3 | 076703 | KECAKAPAN INTERPERSONAL | 2 | 0 | 2 |
4 | 076704 | KERJA PRAKTEK | 0 | 3 | 3 |
5 | 076705 | KREATIF DIGITAL | 0 | 2 | 3 |
JUMLAH | 7 | 5 | 12 | ||
MATA KULIAH PILIHAN (Maksimal 6 SKS) | |||||
1 | 076706 | FORENSIK BERGERAK & MULTIMEDIA | 2 | 2 | 4 |
2 | 076707 | KEAMANAN WEB | 0 | 2 | 2 |
3 | 076708 | INTERNET OF THINGS | 2 | 0 | 2 |
4 | 076709 | ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) | 2 | 0 | 2 |
5 | 076710 | KAPITA SELEKTA TI | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH SKS MK PILIHAN | 4 | 2 | 6 | ||
JUMLAH TOTAL SKS SEMESTER 7 | 11 | 7 | 18 |
SEMESTER 8 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 076801 | SEMINAR | 0 | 2 | 2 |
2 | 076802 | SKRIPSI | 0 | 4 | 4 |
JUMLAH | 0 | 6 | 6 | ||
JUMLAH TOTAL SKS S1 TEKNOLOGI INFORMASI | 107 | 37 | 144 |