D3 Sekretari

 

Deskripsi Singkat

Program studi Sekretari ini lebih berfokus pada hal-hal yang terkait dengan kegiatan kesekretariatan dan pelayanan kantor terutama pelayanan kantor untuk membantu pekerjaan pimpinan pada perusahaan, organisasi nirlaba maupun organisasi pemerintahan guna mendukung dalam perumusan dan juga pencapaian tujuan organisasi tersebut. Kesekretarisan juga terkait dengan kegiatan humas, pelayanan prima dan kemampuan dalam korespondensi yang mendukung kelancaran pekerjaan perkantoran. Jadi para profesional di bidang Kesekretarisan harus memahami faktor-faktor teknis dan non teknis suatu perusahaan atau organisasi, dan harus dapat membantu organisasi tersebut untuk menyediakan dukungan Pelayanan informasi dan  administrasi sebagai landasan untuk unjuk kinerja yang tinggi dari organisasi tersebut.

Berdasarkan peta okupasi TIK Nasional level 5, program studi D3 Sekretari Universitas Teknologi Mataram memiliki 5 profile lulusan yaitu : Sekretaris, Asisten Manager Kantor/ Senior Administrative Asistant, Humas/ Public Relation Officer, Penyelia Kantor dan Entrepreneur.

Eluiz Yansirus Saniah, S.AB.,M.M.

Kaprodi D3 Sekretari

Visi & Misi

01

Visi

Menjadi Program Studi  yang unggul pada tingkat nasional dalam  bidang  sekretari yang menghasilkan luaran profesional,  berdaya saing dan berakhlak mulia pada tahun 2027.

Misi

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bermutu sesuai dengan perkembangan IPTEK dan  kebutuhan
  2. Menghasilkan luaran yang profesional dan berdaya saing dibidang sekretari yang relevan dengan tuntutan
  3. Menghasilkan luaran yang berakhlak mulia yang dilandasi oleh iman dan taqwa

Tujuan

02

  1. Mewujudkan Program Studi Sekretari yang unggul, berkualitas, dan berdaya saing secara nasional pada tahun 2027.
  2. Meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bermutu sesuai dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan stakeholder.
  3. Menghasilkan luaran yang memiliki kepribadian, berakhlak mulia dan etika profesi yang dilandasi oleh iman dan taqwa.
  4. Menghasilkan luaran yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam bidang sekretari sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  5. Menghasilkan luaran yang memiliki keahlian berkarya dalam bidang sekretari sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  6. Menghasilkan luaran yang mampu merencanakan, mengorganisir pekerjaan dibidang kesekretarisan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat.
  7. Menghasilkan luaran yang mampu berbahasa asing ( bahasa inggris dan jepang ) baik tulisan maupun lisan.

Strategi

03

  1. Melakukan sosialisasi dan implementasi VMTS Prodi Sekretari secara berkelanjutan;
  2. Meningkatkan konsistensi tata pamong dan efektivitas tata kelola unit kerja Prodi Sekretari;
  3. Menjalin kerjasama di bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan instansi di dalam dan di luar negeri khususnya terkait bidang Sekretari dan Pelayanan Kantor serta mengoptimalkan keberlanjutannya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang dilakukan;
  4. Meningkatkan kualitas input mahasiswa, daya tarik prodi dan layanan kemahasiswaan;
  5. Memberikan kesempatan pada dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dan kompetensinya;
  6. Melaksanakakan kegiatan pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana pendidikan maupun penunjang pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
  7. Melaksanakan kegiatan pendidikan dengan memperhatikan kemutakhiran kurikulum, proses pembelajaran yang dimonitoring dan dievaluasi sesuai dengan siklus PPEPP serta menciptakan suasana akademik yang kondusif;
  8. Melaksanakan kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa dalam bidang Sekretari secara konsisten dan melakukan perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan program studi;
  9. Melaksanakan kegiatan PkM dosen dan mahasiswa dalam bidang rekayasa sistem komputer secara konsisten dan melakukan perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan prodi;
  10. Meningkatkan capaian dan luaran tridharma sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan.

Profile Lulusan

 

D3 Sekretari

  • Sekretaris : Asisten Ahli Madya mampu melaksanakan kegiatan kantor baik yang clerical maupun yang non clerical;
  • Asisten Manager Kantor/ Senior Administrative Asistant : Asisten ahli madya yang mampu menjadi asisten manager kantor dalam melaksanakan kegiatan merencanakan, melaksanakan, mengatur, dan mengawasi kegiatan kantor;
  • Humas/ Public Relation Officer : asisten ahli madya yang mampu menyampaikan keinginan perusahaan pada masyarakat dan menampung feedback dari masyarakat untuk perusahaan.
  • Penyelia Kantor : Asisten Ahli Madya yang mampu mengorganisasi mengarahkan staf yang menjadi tanggung jawabnya sehingga pekerjaan itu dapat terselesaikan tepat waktu.

Entrepreneur : Ahli Madya yang mampu menciptakan dan mengembangkan usaha mandiri (Wirausaha) dalam menunjang keahlian di luar profesi.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

 

D3 Sekretari

 Aspek Sikap, meliputi:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Aspek Keterampilan Umum, meliputi:

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
  8. Mampu mendokumentasi kan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Aspek pengetahuan, meliputi:

  1. Menguasi konsep teoritis secara umum mengenai kesekretarisan dan administrasi kantor serta mampu memformuasikan penyelesaian masalah prosedural
  2. Menguasai konsep  teoritis bidang pengetahuan kesekretariatan dan menerapkan teknologi informasi dalam menyelesaikan pekerjaan.
  3. Menguasai teori praktis kewirausahaan untuk memberikan wawasan kewirausahaan dan membangkitkan semangat wirausaha
  4. Menguasai konsep teoritis korespondensi bisnis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia
  5. Menguasai teori praktis   penyusunan   karya  ilmiah   sesuai dengan   format  yang  berlaku   dan  teknik penulisan sitasi untuk menghindari plagiasi.
  6. Menguasi teori praktik yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi untuk analisis data dan informasi.
  7. Menguasai konsep ketuhanan, kemasyarakatan, kebangsaan, serta etika sosial dalam kehidupan bermasyarakt dan bernegara.
  8. Menguasi Konsep praktis nilai, etika, dan norma akademik
  9. Memahami konsep teoritis pekerjaan berlingkup luas mengenai kesekretarisan dan administarsi kantor
  10. Menguasai Konsep pengelolaan kegiatan pimpinan
  11. Menguasai konsep pelayanan prima
  12. Menguasai konsep teoritis komunikasi secara efektif
  13. Menguasai konsep dan teori bahasa inggris dan bahasa Jepang
  14. Menguasai konsep pengelolaan relasi pimpinan baik secara internal maupun eksternal

Aspek Keterampilan Khusus, Meliputi:

  1. Mampu menunjukkan kinerja dalam bidang kesekretariatan dengan mutu dan kuantitas yang terukur
  2. Mampu menyelesaikan pekerjaan kesekretariatan secara professional dengan mengedepankan etika dan moralitas serta kreativitas dan inovasi
  3. Mampu menciptakan konsep yang dapat diaplikasikan dalam ruang lingkup kesekretariatan yang berorientasi pada IPTEK
  4. Mampu menciptakan keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dibiang kesekretariatan
  5. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas mengenai kesekretarisan dan administarsi kantor
  6. Mampu mengelola kegiatan pimpinan
  7. Mampu mengelola informasi untuk pengambilan keputusan pimpinan
  8. Mampu mengelola relasi pimpinan baik relasi secara nternal maupun eksternal
  9. Mampu mengelola kegiatan administarsi kantor
  10. Mampu melakukan korespondensi Bisnis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  11. Mampu memberikan pelayanan prima
  12. Mampu mengembangakan secrepreneur, dengan memilih metode yang relevan, melakukan analisis data, menunjukkan kinerja yang efektif dan efisien
  13. Mampu berkomunikasi secara efektif
  14. Mampu berbahasa secara lisan dalam bahasa inggris dan bahasa Jepang bidang sekretari

Kurikulum

 

D3 Sekretari

SEMESTER 1
NoKodeMata KuliahTPSKS
111511PANCASILA202
211512BAHASA INGGGRIS303
311513PENGANTAR MANAJEMEN303
411514ENTERPRENEURSHIP 1202
511515PENGANTAR AKUNTANSI303
611516PENGANTAR KESEKRETARISAN303
711517PENGEMBANGAN DIRI303
811518KKPI022
JUMLAH19221
SEMESTER 2
NoKodeMata KuliahTPSKS
111521AGAMA202
211522KORESPONDENSI NIAGA BAHASA INGGRIS303
311523STENOGRAFI BAHASA INDONESIA202
411524KESEKRETARISAN LANJUT303
511525ENTERPRENEURSHIP 2202
611526SISTEM INFORMASI MANAJEMEN303
711527MANAJEMEN PERKANTORAN202
811528MANAJEMEN KEARSIPAN202
JUMLAH19019
SEMESTER 3
NoKodeMata KuliahTPSKS
111531KEWARGANEGARAAN202
211532PENGANTAR HUKUM DAGANG202
311533KOMUNIKASI NIAGA202
411534MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA303
511535BAHASA INGGRIS NIAGA DASAR202
611536PSIKOLOGI INDUSTRI303
711537MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA303
811538KEPEMIMPINAN PERUSAHAAN303
JUMLAH20020
SEMESTER 4
NoKodeMata KuliahTPSKS
111541BAHASA INDONESIA202
211542BAHASA INGGRIS NIAGA LANJUT202
311543KORESPONDENSI NIAGA BAHASA INGGRIS LANJUT 1303
411544ETIKA PROFESI202
511545MANAJEMEN PEMASARAN303
611546SURAT MENYURAT DINAS303
711547HUBUNGAN MASYARAKAT303
811548KORESPONDENSI DIAGA BAHASA INDONESIA DASAR202
JUMLAH20020
SEMESTER 5
NoKodeMata KuliahTPSKS
111551MANAJEMEN OPERASI PERKANTORAN303
211552BAHASA JEPANG303
311553MANAJEMEN PERBANKAN303
411554PERPAJAKAN303
511555APLIKASI KOMPUTER KANTOR202
611556METODOLOGI PENELITIAN303
711557KEPROTOKOLAN303
811558KORESPONDENSI NIAGA BAHASA INDONESIA LANJUT202
JUMLAH22022
SEMESTER 6
NoKodeMata KuliahTPSKS
111561PRAKTIK KERJA LAPANGAN066
JUMLAH SKS MK PILIHAN066
JUMLAH TOTAL SKS D3 SEKRETARI  108