S1 Teknik Informatika

 

Deskripsi Singkat

Program studi S1 Teknik Informatika merupakan salah satu program studi di Universitasi Teknologi Mataram yang berada di bawah Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK). Program studi S1 Teknik Informatika secara resmi mulai beroperasi pada tanggal 3 Januari 2017 melalui SK Kemenristekdikti. Program studi Teknik Informatika saat ini fokus pada visi keilmuan yaitu kompetensi dalam bidang pemrograman web dan mobile serta technopreneur.

Muh. Multazam, S.Kom.,M.Kom

Kaprodi S1 Teknik Informatika

Visi & Misi

01

Visi

Menjadi program studi yang unggul secara nasional dalam bidang pemrograman komputer dan teknopreneurship, serta menghasilkan lulusan yang professional, berdaya saing dan berakhlak mulia pada tahun 2030

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis teknologi informasi sesuai kebutuhan dunia kerja dan perkembangan teknologi informasi.
  2. Mengembangkan sumber daya manusia profesional yang memiliki keahlian dalam bidang pemrograman komputer dan teknopreneurship serta mampu menerapkan keahliannya dalam bentuk karya-karya inovasi sesuai kebutuhan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kerjasama tingkat nasional dan internasional berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki etika profesi dan berakhlak mulia.

Tujuan

02

  1. Mewujudkan program studi Teknik Informatika yang unggul dalam bidang pemrograman komputer dan teknopreneurship pada tahun 2030 secara nasional.
  2. Mewujudkan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan berdaya saing sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan teknologi informasi.
  3. Mewujudkan kegiatan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang informatika yang menghasilkan produk inovatif dan publikasi ilmiah pada jurnal atau prosiding baik nasional dan internasional.
  4. Mewujudkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menghasilkan produk atau jasa untuk pemberdayaan kehidupan masyarakat.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dan keterampilan khususnya dalam bidang pemrograman komputer dan teknopreneurship yang berdaya saing sesuai kebutuhan dunia kerja.
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan karya-karya inovatif khususnya dalam bidang pemrograman komputer dan teknopreneurship yang bermanfaat bagi masyarakat, dunia usaha dan dunia industri.
  7. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai institusi tingkat nasional dan internasional untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi.
  8. Menghasilkan lulusan yang memiliki etika, kepribadian, integritas dan akhlak mulia yang didasarkan pada iman dan taqwa.

Strategi

03

  1. Melakukan perbaikan kurikulum program studi sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan dunia kerja.
  2. Melakukan kegiatan penelitian minimal rata-rata 1 (satu) penelitian per 1 (satu) tahun per dosen dengan publikasi pada jurnal nasional dan internasional.
  3. Mengupayakan sumber dana penelitian dari luar perguruan tinggi.
  4. Melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat minimal rata-rata 1 (satu) kegiatan per dosen per tahun.
  5. Mengupayakan sumber dana pengabdian kepada masyarakat dari luar perguruan tinggi.
  6. Mengupayakan penyerapan lulusan oleh dunia kerja atau wirausaha bidang teknologi (technopreneur) bagi lulusan dalam waktu kurang dari 1 (satu) tahun.
  7. Melakukan kerjasama tingkat nasional dan internasional.
  8. Mengupayakan penyerapan lulusan oleh institusi yang bekerjasama dengan program studi atau kampus.
  9. Melakukan pengembangan sarana dan prasarana untuk proses pembelajaran di program studi.
  10. Melakukan pengembangan karya inovasi oleh para mahasiswa untuk diimplementasikan bagi kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.
  11. Memberikan pelatihan soft skill dan pengembangan kepribadian kepada mahasiswa melalui mata kuliah dan pelatihan-pelatihan.

Profile Lulusan

 

S1 Teknik Informatika

  1. Web Developer, yaitu yaitu seseorang yang bekerja mengembangkan aplikasi web baik dari awal pembuatan atau memperbaharui dan menambah fitur baru aplikasi web yang sudah ada.
  2. Mobile application developer, yaitu seseorang yang bekerja membuat dan mengembangkan aplikasi untuk perangkat mobile (misalnya smartphone, tablet dan netbook).
  3. Lead Programmer, yaitu seseorang yang bekerja memimpin tim programmer dalam sebuah proyek pengembangan perangkat lunak.
  4. Technopreneur, yaitu seseorang yang bekerja sebagai wirausahawan menggunakan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

 

S1 Teknik Informatika

 

Aspek Sikap, meliputi:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Keterampilan Umum, meliputi:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  10. Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya
  11. Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewirausahaan berbasis teknologi

Aspek pengetahuan, meliputi:

  1. Kemampuan untuk mengaplikasikan matematika, sains dan rekasaya
  2. Kemampuan menganalisis, merancang dan membangun (meng-coding) sistem perangkat lunak untuk sistem berbasis mikro komputer dan jaringan komputer.
  3. Kemampuan merancang jaringan dan sistem keamanan jaringan komputer
  4. Menerapkan konsep ilmu alamiah dasar untuk menganalisa dan memecahkan masalah dalam bidang elektronika dan komputer
  5. Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemeliharaan sistem dalam lingkup yang luas.
  6. Menerapkan teori dan konsep sistem tertanam (embedded systems) untuk merancang dan mengembangkan serta mengoptimalkan sistem tertanam termasuk perangkat lunaknya.
  7. Mengaplikasikan teori dan konsep untuk merancang, membuat dan menguji, perangkat sistem digital.

Aspek Keterampilan Khusus, Meliputi:

  1. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, serta mengevaluasi dan melakukan perawatan aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data
  2. Mampu mereview kapabilitas & keamanan sistem
  3. Mampu mendesain, mengembangkan, dan melakukan tes pada sistem berbasis komputer
  4. Mampu mensupervisi & instalasi komputer berikut peralatan dan komponen pendukung
  5. Mampu menganalisis jaringan untuk menentukan pemakaian jaringan, disk space, atau fungsi server
  6. Mampu mengkonfigurasi untuk keperluan instalasi, dan hak akses LAN, WAN, atau jaringan lainnya
  7. Mampu mengimplementasi, pemeliharaan, dan memperbaiki kerusakan minor sistem komputer
  8. Mampu mengimplementasikan dan memelihara jaringan komputer pada segmen LAN

Kurikulum

 

S1 Teknik Informatika

SEMESTER 1
NoKodeMata KuliahTPSKS
1066101PANCASILA202
22066102BAHASA INGGRIS 1202
3066103PENGEMBANGAN DIRI 202
4066104ENTERPRENEURSHIP 1202
5066105KKPI022
6066106ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 1303
7066107PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI303
8066108KALKULUS303
JUMLAH17219
SEMESTER 2
NoKodeMata KuliahTPSKS
1066201BAHASA INGGRIS 2202
2066202KEWARGANEGARAAN202
3066203ENTERPRENEURSHIP 2202
4066204ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2303
5066205ALJABAR LINEAR303
6066206SISTEM BASIS DATA224
7066207SISTEM DIGITAL303
8066208TEKNOLOGI INTERNET DAN WEB202
JUMLAH19221
SEMESTER 3
NoKodeMata KuliahTPSKS
1066301PENDIDIKAN AGAMA202
2066302TEKNOPRENEURSHIP 1202
3066303ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER303
4066304STRUKTUR DATA303
5066305MATEMATIKA DISKRIT303
6066306INTERAKSI MANUSAI DAN KOMPUTER224
7066307SISTEM OPERASI303
JUMLAH18220
SEMESTER 4
NoKodeMata KuliahTPSKS
1066401TEKNOPRENEURSHIP 2202
2066402GRAFIK DAN ANIMASI KOPUTER022
3066403ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI303
4066404INSTALASI & TROUBLESHOOTING KOMPUTER302
5066405PEMROGRAMAN WEB044
6066406SISTEM INFOMASI MANAJEMEN303
7066407REKAYASA PERANGKAT LUNAK302
JUMLAH14620
SEMESTER 5
No Kode Mata Kuliah T P SKS
1 066501 BAHASA INDONESIA 2 0 2
2 066502 PEMROGRAMAN PERANGKAT BERGERAK 0 4 4
3 066503 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK 0 2 2
4 066504 TEORI GRAF DAN OTOMATA 3 0 3
5 066505 JARINGAN DAN KOMUNIKASI DATA 3 0 3
6 066506 MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK 3 0 3
7 066507 KECERDASAN BUATAN 3 0 3
JUMLAH 14 6 20
SEMESTER 6
NoKodeMata KuliahTPSKS
1066601SISTEM FORENSIK DIGITAL303
2066602SIMULASI DAN PEMODELAN202
3066603MEMIMPIN PEMROGRAMAN KOMPUTER202
4066604STATISTIKA DAN PROBABILITAS303
5066605KOMPUTASI PARALEL DAN TERDISTRIBUSI303
60466xxMK PILIHAN 1124
70466xxMK PILIHAN 2124
JUMLAH15419
SEMESTER 7
NoKodeMata KuliahTPSKS
1066701KERJA PRAKTIK033
2066702RISET TEKNOLOGI INFORMASI303
3066703HUKUM DAN ETIKA PROFESI TI202
4066704KEAMANAN INFORMASI303
5066705KREATIF DIGITAL303
60467XXMK PILIHAN 2123
70467XXMK PILIHAN 3123
JUMLAH13720
SEMESTER 8
NoKodeMata KuliahTPSKS
1066801SEMINAR PROPOSAL 22
2066802SKRIPSI 44
JUMLAH066
JUMLAH TOTAL SKS S1 SISTEM INFORMASI11035145
MATAKULIAH PILIHAN
SEMESTER 6
NoKodeMata KuliahTPSKS
1066606DESAIN WEB INTERAKTIF123
2066607PENGEMBANGAN KOMPUTASI AWAN123
3066608DESAIN KREATIF APLIKASI DAN GAME123
404669ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME123
SEMESTER 7
1066706APLIKASI WEN DAN PERANGKAT BERGERAK123
2066707KERANGKA KERJA WEB123
3066708PEMRROGRAMAN GAME123
4066709KECERDASAN BUATAN DALAM GAME123