S1 Manajemen

 

Deskripsi Singkat

Program Studi Manajemen (SI) menyiapkan mahasiswa untuk dapat mengembangkan diri menjadi manajer atau wirausahawan yang berintegritas, berintelektual dan memiliki kemampuan komunikasi, analisis, pengambilan keputusan dan penyelesaian permasalahan, penggunaan teknologi informasi-komunikasi, dan team work dalam bidang bisnis dan organisasi baik di pasar domestik maupun global dengan berlandaskan pada nilai-nilai moral, etika dan profesional untuk melayani masyarakat.

Henni Comala Hikmi, S.E., M.Pd

Kaprodi S1 Manajemen

Visi & Misi

01

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul secara nasional dalam disiplin ilmu manajemen melalui bidang keahlian pemasaran, sumber daya manusia, keuangan dan perbankan syariah yang berbasis riset untuk mengembangkan ipteks dan wirausaha pada tahun 2030.

Misi

  1. Mengembangkan dan meningkatkan ilmu pengetahuan manajemen dan bisnis melalui Program Strata Satu (S1) yang menekankan pada penelitian dan profesionalisme yang berbasis kompetensi, kewirausahaan, teknologi, etika, dan tanggung jawab sosial.
  2. Mengembangkan dan meningkatkan kegiatan akademik yang efektif dan efisien dalam suasana yang beretika dan bermartabat.
  3. Menjadi mitra bagi pelaku bisnis dan publik dalam mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan manajemen dan bisnis sebagai wujud pengabdian kepada dunia profesi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertanggung jawab dan berkesinambungan serta berbasis kearifan lokal.

Tujuan

02

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Strata Satu (S1) Manajemen yang profesional, berintegritas tinggi, peduli pada kepentingan masyarakat, berorientasi global dan tanggap terhadap kemajuan IPTEKS.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang manajemen yang sehat dan transparan;
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian dalam bidang manajemen dan bisnis yang layak publikasi dan menjunjung HAKI.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang manajemen dan bisnis.
  5. Mengembangkan sumber daya manusia yang profesional dan bangga menjadi bagian Program Studi (SI) Manajemen.

Strategi

03

Strategi yang dilakukan untuk mencapai tujuan tahun 2030 Program Studi (SI) Manajemen Melakukan sosialisasi dan implementasi VMTS Prodi (SI) Manajemen secara berkelanjutan.

  1. Meningkatkan konsistensi tata pamong dan efektivitas tata kelola
  2. Menjalin kerjasama di bidang manajemen dengan instansi di dalam dan luar negeri serta mengoptimalkan keberlanjutannya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang dilakukan
  3. Meningkatkan kualitas input mahasiswa, daya Tarik program studi dan layanan kemahasiswaan
  4. Memberikan kesempatan pada dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualifikasipendiidkan dan kompetensinya
  5. Melaksanakan kegiatan pengelolaan keuangan , sarana dan prasarana pendidikan maupun penunjang pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  6. Melaksanakan kegiatan pendidikan dengan memperhatikan kemuktahiran kurikulum,proses pembelajaran yang dimonetoring dan dievaluasi sesuai siklus PPEPP serta menciptakan kondisi akademik yang kondusif
  7. Melaksanakan penelitian dosen dan mahasiswa sesuai peta jalan penelitian secara konsisten dan melakukan perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan
  8. Melaksanakan kegiatan PkM dosen dan mahasiswa peta jalan PkM secara konsisten dan melakukan perbaikan relevansi PkM dan pengembangan ilmu pengetahuan.
  9. Meningkatkan capaian dari luaran tridharma sesuai standar yang di tetapkan

Profile Lulusan

 

S1 Manajemen

a.  Kompetensi Utama

    1. Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip Manajemen dalam melakukan setiap aktivitas produktif.
    2. Mampu mengaplikasikan konsep-konsep perilaku keorganisasian untuk peningkatan keefektivan organisasi.
    3. Mampu mengidentifikasi peluang bisnis berdasar analisis lingkungan organisasi.
    4. Mampu menyusun rencana kegiatan, baik yang bersifat bisnis maupun non bisnis.
    5. Mampu menyampaikan alternatif solusi bagi penyelesaian masalah manajerial berdasar hasil kajian secara ilmiah.
    6. Mampu mengelola sumber daya untuk mewujudkan tujuan organisasi.

b.  Kompetensi Pendukung

    1. Mampu mengoperasikan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan produktivitas kerja.
    2. Mampu menggunakan metode kuantitatif yang tepat untuk menganalisis dan mensintesis data dan informasi yang relevan bagi pengambilan keputusan manajerial.
    3. Mampu berkomunikasi dengan baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tertulis.
    4. Mampu menyajikan gagasan dan atau laporan pekerjaan, baik secara tertulis maupun lisan dengan teknik presentasi yang efektif dan menarik.

c.  Kompetensi Lainnya

    1. Memiliki integritas dan kedisiplinan yang tinggi.
    2. Memiliki jiwa dan semangat inovatif, proaktif, dan berani menanggung risiko untuk peningkatan kualitas pekerjaan.
    3. Memiliki kepribadian terbuka untuk mengembangkan jejaring.
    4. Memiliki semangat melayani dan bersaing secara sehat.
    5. Memiliki pertimbangan bertindak atas dasar etika dan legalitas yang sesuai dengan situasi dan kondisi.
    6. Memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan (masyarakat, bangsa, dan Negara).

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

 

S1 Manajemen

Aspek Sikap, meliputi:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Keterampilan Umum, meliputi:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, dan pihak pemangku kepentingan lainnya baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Aspek pengetahuan, meliputi:

  1. Menguasai konsep ilmu ekonomi dan ilmu manajemen serta metode dan perangkat analisis fungsi-fungsi manajemen dan fungsi-fungsi perusahaan pada berbagai jenis organisasi.
  2. Menguasai dasar-dasar rencana bisnis bidang ekonomi kreatif pada skala mikro, kecil, dan menengah.
  3. Menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis organisasi dan menjabarkannya dalam rencana operasional organisasi.
  4. Menguasai konsep tentang metode penelitian
  5. Menguasai prinsip-prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai jenis organisasi.
  6. Menguasai prinsip-prinsip etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan.
  7. Menguasai prinsip-prinsip dan teknik komunikasi lintas fungsi, organisasi,dan budaya.
  8. Menguasai pengetahuan tentang berbagai regulasi yang berdampak pada organisasi, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  9. Menguasai minimal satu bahasa asing

Aspek Keterampilan Khusus, Meliputi:

  1. Mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian) pada tingkat operasional di berbagai jenis organisasi.
  2. Mampu melaksanakan fungsi-fungsi perusahaan (operasi, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia) pada tingkat operasional di berbagai jenis organisasi.
  3. Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi fungsi perusahaan pada tingkat operasional serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal.
  4. Mampu menyusun rencana bisnis bidang ekonomi kreatif pada skala mikro, kecil, dan menengah untuk memulai dan mengembangkan bisnis.
  5. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis lingkungan organisasi sebagai dasar formulasi alternatif strategi organisasi.
  6. Mampu berkontribusi dalam penyusunan rencana strategis organisasi dan menjabarkannya ke dalam rencana operasional organisasi pada tingkat fungsional
  7. Mampu mengambil keputusan manajerial yang tepat di berbagai jenis organisasi pada tingkat operasional, berdasarkan analisis informasi dan data pada fungsi-fungsi perusahaan.
  8. Mampu melakukan kajian empiris dan menyusun pemodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai jenis organisasi berdasarkan fungsi-fungsi perusahaan.
  9. Mampu menggunakan metode penelitian yang tepat untuk menganalisis informasi dan data yang relevan dalam pengambilan keputusan manajerial.
  10. Mampu menggunakan berbagai jenis teknologi informasi dan komunikasi yang relevan pada tingkat operasional di berbagai jenis organisasi.

Kurikulum

 

S1 Manajemen

SEMESTER 1
NoKodeMata KuliahTPSKS
102611PANCASILA202
202612TEORI EKONOMI MIKRO202
302613 BAHASA INGGRIS BISNIS 1202
402614PENGANTAR MANAJEMEN303
502615 PENGANTAR BISNIS202
602616 MATEMATIKA BISNIS 1303
702617 KOMUNIKASI BISNIS202
802618 PENGANTAR AKUNTANSI 1303
902619 ENTERPRENEURSHIP 1202
JUMLAH21021
SEMESTER 2
NoKodeMata KuliahTPSKS
102621BAHASA INGGRIS BISNIS 2202
202622PENGANTAR EKONOMI MAKRO303
302623AGAMA202
402624TEORI ORGANISASI303
502625MATEMATIKA BISNIS 2303
602626PENGANTAR AKUNTANSI 2202
702627KKPI202
802628ENTREPRENEURSHIP 2202
JUMLAH19019
SEMESTER 3
NoKodeMata KuliahTPSKS
102631KEWARGANEGARAAN203
202632MANAJEMEN KEUANGAN303
302633MANAJEMEN PEMASARAN302
402634MSDM303
502635MANAJEMEN OPERASIONAL303
602636AKUNTANSI BIAYA302
702637BANK & LEMBAGA KEUANGAN LAIN202
802638TECHNOPRENEURSHIP 1202
JUMLAH21021
SEMESTER 4
NoKodeMata KuliahTPSKS
102641BAHASA INDONESIA202
202642EKONOMI INTERNASIONAL303
302643RISET OPERASI303
402644STATISTIK 1303
502645SISTEM INFORMASI MANAJEMEN303
602646TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN202
702647AKUNTASI PERBANKAN303
802648TECHNOPRENEURSHIP 2202
JUMLAH21021
SEMESTER 5
NoKodeMata KuliahTPSKS
102651STATISTIK 2303
202652ETIKA BISNIS & GCG202
302653PENGANGGARAN PERUSAHAAN303
402654EKONOMI MONETER202
502655PERILAKU ORGANISASI303
602656PSIKOLOGI INDUSTRI202
702651STUDI KELAYAKAN BISNIS303
802658MANAJEMEN KOPERASI & UMKM303
JUMLAH21021
SEMESTER 6
NoKodeMata KuliahTPSKS
102661METODE PENELITIAN BISNIS303
202662KEPEMIMPINAN303
302663MANAJEMEN STRATEGIK303
402664AKUNTANSI MANAJEMEN303
MATA KULIAH KONSENTRASI (Mahasiswa wajib memilih salah satu)
KONSENTRASI MANAJEMEN KEUANGAN
102665MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL303
202666ANALISIS LAPORAN KEUANGAN303
302667MANAJEMEN KEUANGAN LANJUTAN303
KONSENTRASI MANAJEMEN PEMASARAN
102668MANAJEMEN PEMASARAN INTERNASIONAL303
202669MANAJEMEN PEMASARAN JASA303
3026610PERILAKU KONSUMEN303
KONSENTRASI MANAJEMEN SDM
1026611PERENCANAAN & PENGEMBANGAN SDM303
2026612DESAIN ORGANISASI303
3026613PENILAIAN KINERJA & BALASA JASA303
KONSENTRASI MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH
1026614EKONOMI ISLAM303
2026615MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH303
3026616AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH303
JUMLAH21021
SEMESTER 7
NoKodeMata KuliahTPSKS
102671HUBUNGAN MASYARAKAT202
202672ASPEK HUKUM DALAM BISNIS202
302673PERPAJAKAN303
401674KKN303
MATA KULIAH KONSENTRASI
KONSENTRASI MANAJEMEN KEUANGAN
102675INVESTASI303
202676SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN303
KONSENTRASI MANAJEMEN PEMASARAN
102677MANAJEMEN PEMASARAN RETAIL303
202678SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN303
KONSENTRASI MANAJEMEN SDM
102675PSIKOLOGI INDUSTRI303
202676SEMINAR SUMBER DAYA MANUSIA303
KONSENTRASI MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH
102675SEMINAR MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH303
202676MANAJEMEN RISIKO KEUANGAN SYARIAH303
JUMLAH16016
SEMESTER 8
NoKodeMata KuliahTPSKS
1026801PROPOSAL022
2026802SKRIPSI044
JUMLAH066
JUMLAH TOTAL SKS S1 MANAJEMEN
  144