S1 Rekayasa Perangkat Lunak

 

Deskripsi Singkat

Program studi Rekayasa Sistem Komputer ini lebih berfokus pada hal-hal yang terkait dengan perangkat keras terutama perangkat komputer dan jaringan komputer dan peranti lunak yang dapat disediakan oleh sistem komputer pada perusahaan, organisasi nirlaba maupun organisasi pemerintahan guna mendukung dalam perumusan dan juga pencapaian tujuan organisasi tersebut. Rekayasa Sistem Komputer juga terkait dengan penerapan dan penggunaan teknologi sistem tertanam (embedded system) yang mendukung otomasi industri. Jadi para profesional di bidang Rekayasa Sistem Komputer harus memahami faktor-faktor teknis dan non teknis suatu perusahaan atau organisasi, dan harus dapat membantu organisasi tersebut untuk menyediakan dukungan perangkat keras dan perangkat lunak serta jaringan komputer sebagai landasan untuk unjuk kinerja yang tinggi dari organisasi tersebut.

Berdasarkan peta okupasi TIK Nasional level 6, program studi S1 Rekayasa Sistem Komputer Universitas Teknologi Mataram memiliki 4 profile lulusan yaitu : Arsitek dan Penganalisis Sistem Komputer, Perekayasa Sistem Komputer, Perekayasa Jaringan Komputer dan IT Support

S.Kom.,M.Kom

Kaprodi S1 Rekayasa Perangkat Lunak

Visi & Misi

01

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam bidang Networking dan Embeded System secara nasional berlandaskan jiwa kewirausahaan dan berakhlak mulia di  tahun 2030

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dibidang networking dan embedded system berlandaskan jiwa kewirausahaan dan berakhlak mulia
  2. Melaksanakan penelitian dibidang networking dan embedded system yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pemberdayaan usaha kecil dan menengah dengan mengembangkan produk dan layanan dalam bidang networking dan embeded system.
  4. Membangun kerjasama dengan industri khususnya dalam bidang rekayasa sistem komputer baik ditingkat nasional maupun internasional.

Tujuan

02

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dibidang networking dan embedded system yang berjiwa kewirausahaan dan mampu menciptakan peluang yang inovatif serta memiliki kepribadian akhlak mulia didasarkan iman dan takwa.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang Networking dan embedded system yang bermutu dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan PkM dalam bentuk produk dan layanan dalam bidang networking dan embedded system yang bermutu dan bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah.
  4. Mewujudkan kerjasama di bidang Rekayasa Sistem Komputer yang bermutu dan berkelanjutan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Strategi

03

  1. Melakukan sosialisasi dan implementasi VMTS Prodi RSK secara berkelanjutan;
  2. Meningkatkan konsistensi tata pamong dan efektivitas tata kelola unit kerja Prodi RSK;
  3. Menjalin kerjasama di bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan instansi di dalam dan di luar negeri khususnya terkait bidang rekayasa sistem komputer serta mengoptimalkan keberlanjutannya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang dilakukan;
  4. Meningkatkan kualitas input mahasiswa, daya tarik prodi dan layanan kemahasiswaan;
  5. Memberikan kesempatan pada dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dan kompetensinya;
  6. Melaksanakakan kegiatan pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana pendidikan maupun penunjang pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
  7. Melaksanakan kegiatan pendidikan dengan memperhatikan kemutakhiran kurikulum, proses pembelajaran yang dimonitoring dan dievaluasi sesuai dengan siklus PPEPP serta menciptakan suasana akademik yang kondusif;
  8. Melaksanakan kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa dalam bidang rekayasa sistem komputer secara konsisten dan melakukan perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan program studi;
  9. Melaksanakan kegiatan PkM dosen dan mahasiswa dalam bidang rekayasa sistem komputer secara konsisten dan melakukan perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan prodi;
  10. Meningkatkan capaian dan luaran tridharma sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan

Profile Lulusan

 

S1 Rekayasa Perangkat Lunak

  1. CS Architect & Analyst (Arsitek dan Penganalisis Sistem Komputer)
    1. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, serta mengevaluasi dan melakukan perawatan aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data
    2. Mampu mereview kapabilitas & keamanan sistem
  2. Computer System Engineer (Perekayasa Sistem Komputer)
    1. Mampu mendesain, mengembangkan, dan melakukan tes pada sistem berbasis komputer
    2. Mampu mensupervisi & instalasi komputer berikut peralatan dan komponen pendukung
  3. Computer Network Engineer (Perekayasa Jaringan Komputer)
    1. Mampu menganalisis jaringan untuk menentukan pemakaian jaringan, disk space, atau fungsi server
    2. Mampu mengkonfigurasi untuk keperluan instalasi, dan hak akses LAN, WAN, atau jaringan lainnya
  4. IT Support
    1. Mampu mengimplementasi, pemeliharaan, dan memperbaiki kerusakan minor sistem komputer
    2. Mampu mengimplementasikan dan memelihara jaringan komputer pada segmen LAN

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

 

S1 Rekayasa Perangkat Lunak

 

Aspek Sikap, meliputi:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
    Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  6. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Aspek Keterampilan Umum, meliputi:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan da teknologi yang memperhatikan dan menererapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu daan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun deskripsi siaintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya berdasrkan hasil analisisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembagnkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik didalam maupun diluar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mampu melakukan devinisi kebutuhan pengguna dengan model sistematis sebagai panduan dalam mengembangkan berbagai jenis perangkat lunak. Memiliki kemampuan dalam seluk beluk infrastruktur disatu sisi, dan sistem informasi di sisi lainnya.
  11. Mempunyai pengetahuan mengenai bagaimana membangun sebuah perangkat lunak sistem (software system) dan perangkat lunak penunjang (software tool)
  12. Memiliki Kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerjasama (team work), manajemen diri mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.

Aspek pengetahuan, meliputi:

  1. Mampu menerapkan dasar-dasar matematika.
  2. Memiliki pengetahuan yang memadai terkait metodologi baku dalam membangun perangkat lunak yang berkualitas meliputi kemampuan melakukan penerapan konsep dasar-dasar teknik/engineering, pemodelan, tipe-tipe pemodelan, analisis, konsep desain dan proses dalam mengembangkan perangkat lunak.
  3. Menerapkan konsep interaksi manusia dan komputer serta menguasai aspek psikologi dan dinamika kelompok dalam membangun perangkat lunak.
  4. Mampu menerapkan dasar-dasar kebutuhan/requirements, melakukan pengumpulan kebutuhan, menerapkan ekonomi teknik dan menerapkan cara mendapatkan dokumentasi dalam spesifikasi kebutuhan perangkat lunak.
  5. Mampu menerapkan tools/alat-alat untuk membangun perangkat lunak komputer dalam melakukan desain arsitektur dan menerapkan strategi yang tepat dalam mendesain dan mengembangkan perangkat lunak.
  6. Mampu melakukan Validasi dan Verifikasi dalam melakukan evaluasi desain perangkat lunak dengan menerapkan proses review dan analisis statistik.
  7. Mampu membangun perangkat lunak yang aman dan menerapkan manajemen konfigurasi dengan metodologi perancangan yang sesuai.
  8. Mampu melakukan pengujian/testing serta menganalisis problem dan pelaporan dalam membangun perangkat lunak.
  9. Mampu melakukan penerapan jaminan kualitas proses dan produk perangkat lunak.
  10. Mampu menerapkan keamanan komputer dan jaringan dalam mengembangkan perangkat lunak.

Aspek Keterampilan Khusus, Meliputi:

  1. Mampu mengembangkan teori serta metode/teknik pada pembuatan perangkat lunak seperti software modeling and analysis, pattern analysis, ethnographic, knoledge elicitation, dengan berbagai bahasa pemrograman untuk berbagai keperluan.
  2. Mampu mengembangkan perangkat lunak dengan menerapkan metodologi pengembangan perangkat lunak yang sesuai dengan perkembangan terkini agar menghasilkan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  3. Mampu melakukan pengujian, validasi dan verifikasi perangkat lunak untuk menjamin kualitas perangkat lunak.
  4. Mampu mengembangkan basis data untuk perusahaan atau instansi bersekala besar dengan menerapkan metodologi pengembangan basis data yang sesuai, berdasarkan kebutuhan pengguna.
  5. Mampu menganalisis dan menspesifikasikan kebutuhan perangkat lunak bersekala besar.
  6. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan, serta mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab, jujur dan disiplin atas pekerjaan bidang keahliannya secara mandiri.

Kurikulum

 

S1 Rekayasa Sistem Komputer

SEMESTER 1
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046101KALKULUS3 3
2046102SISTEM DIGITAL3 3
3046103ALGORTIMA DAN PEMROGRAMAN 224
4046104KKPI 22
5046105BAHASA INGGRIS I2 2
6046106PENGEMBANGAN DIRI2 2
7046107PANCASILA2 2
8046108ENTREPRENEURSHIP I2 2
JUMLAH16420
SEMESTER 2
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046201ALJABAR LINIER3 3
2046202RANGKAIAN  ELEKTRONIKA3 3
3046203STRUKTUR DATA3 3
4046204KEWARGANEGARAAN2 2
5046205BAHASA INGGRIS II2 2
6046206KOMUNIKASI DATA213
7046207ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER3 3
8046208ENTREPRENEURSHIP II2 2
JUMLAH20121
SEMESTER 3
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046301MATEMATIKA DISKRIT3 3
2046302INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER213
3046303PEMROGRAMAN WEB 44
4046304AGAMA2 2
5046305JARINGAN KOMPUTER I213
6046306SISTEM OPERASI213
7046307TECHNOPREUNERSHIP I2 2
JUMLAH13720
SEMESTER 4
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046401METODE NUMERIK3 3
2046402PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL213
3046403PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK2 2
4046404SISTEM BASIS DATA224
5046405JARINGAN KOMPUTER II213
6046406INSTALASI & TROUBLESHOOTING KOMPUTER213
7046407TECHNOPREUNERSHIP II2 2
JUMLAH15520
SEMESTER 5
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046501STATISTIKA DAN PROBABILITAS3 3
2046502SISTEM MIKROPROCESOR & MIKROKONTROLLER3 3
3046503PEMROGRAMAN BERBASIS GUI 44
4046504BAHASA INDONESIA2 2
5046505ADMINISTRASI SISTEM SERVER 22
6046506JARINGAN NIRKABEL3 3
7046507DATA MINING3 3
JUMLAH14620
SEMESTER 6
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046601PEMROGRAMAN JARINGAN 44
2046602HUKUM & ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI3 3
3046603RISET TEKNOLOGI INFORMASI3 3
4046604KEAMANAN JARINGAN213
5046605KOMPUTASI AWAN213
60466xxMK PILIHAN 13 3
JUMLAH13619
SEMESTER 7
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046701PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK213
2046702KERJA PRAKTEK 33
3046703DIGITAL FORENSIK213
4046704KREATIF DIGITAL213
50467XXMK PILIHAN 23 3
40467XXMK PILIHAN 33 3
JUMLAH12618
SEMESTER 8
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046801SEMINAR 22
2046802SKRIPSI 44
JUMLAH066
MATAKULIAH PILIHAN
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046606ARSITEKTUR JARINGAN TERKINI3 3
2046607PEMODELAN DAN SIMULASI3 3
3046608PEMROGRAMAN MOBILE044
4046609INTERFACE3 3
5046610SISTEM TERTANAM3 3
6046705MANAJEMEN PROYEK TI3 3
7046706WEB INTELEGENCE & BIG DATA3 3
8046707JARINGAN SENSOR NIRKABEL & IoT3 3
9046708PROGRAMABLE LOGIC CONTROLER3 3
10046709PERANGKAT TERPROGRAM3 3
JUMLAH27431