D3 Teknik Komputer
Deskripsi Singkat
Program Studi D3 Teknik Komputer merupakan salah satu program studi yang bernaung dibawah Fakultas Vokasi Universitas Teknologi Mataram. Program studi ini lebih berfokus pada hal-hal yang terkait dengan jaringan komputer dan perangkat keras komputer yang sekarang banyak sekali perusahaan, instansi maupun organisasi yang mencari tenaga ahli dibidang tersebut. Selain itu para lulusannya diharapkan mampu menerapkan keahlian dan keterampilan dalam bidang perancangan dan pengembangan perangkat berbasis digital dan kewirausahaan yang berdaya saing sesuai kebutuhan stakeholder. Juga nanti diharapkan mampu mengembangkan karya-karya inovatif di bidang perancangan dan pengembangan perangkat berbasis digital dan kewirausahaan yang berdaya saing dan berhasil guna untuk peningkatan mutu kehidupan masyarakat. Program Studi D3 Teknik Komputer Universitas Teknologi Mataram memiliki 2 profile lulusan yaitu: Jaringan & Sistem Terdistribusi dan Mikroprosesor & Sistem Embeded.
Ardiyallah Akbar, S.T., M.T
Kaprodi D3 Teknik Komputer
Visi & Misi
Visi
Menjadi Program Studi yang unggul dalam merancang dan mengembangkan perangkat berbasis digital dan kewirausahaan pada tahun 2030 secara nasional yang menghasilkan lulusan yang profesional, berdaya saing dan berakhlak mulia.
Misi
- Menyelenggarakan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis teknologi informasi.
- Mengembangkan lulusan profesional yang menguasai dan mampu merancang dan mengembangkan perangkat berbasis digital dan kewirausahaan yang berdaya saing sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
- Mengembangkan lulusan yang memiliki etika profesi dan berahlak mulia dalam bidang Teknologi informasi.
Tujuan
- Mewujudkan Program Studi Teknik Komputer yang unggul dan berdaya saing secara nasional pada tahun 2030.
- Mewujudkan proses pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan keilmuan dan keterampilan dalam bidang perancangan dan pengembangan perangkat berbasis digital dan kewirausahaan sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan keahlian berkarya dan mandiri dalam bidang perancangan dan pengembangan perangkat berbasis digital dan kewirausahaan.
- Menghasilkan lulusan yang mampu merancang dan mengembangkan karya-karya inovatif, tanggap terhadap maslah perancangan dan pengembangan perangkat berbasis digital serta dapat memberikan solusi terhadap masalah perangkat berbasis digital dan kewirausahaan di masyarakat.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan perangkat berbasis digital dan kewirausahaan di masayarakat.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki etika profesi, keperibadian, integritas dan berakhlak mulia.
- Mengembangkan Kerjasama dengan berbagai pihak dengan instansi pemerintah dan swasta baik dalam dan luar negeri.
Strategi
- Melakukan sosialisasi dan implementasi VMTS Prodi D3 Teknik Komputer secara berkelanjutan;
- Meningkatkan konsistensi tata pamong dan efektivitas tata kelola unit kerja Prodi D3 Teknik Komputer;
- Menjalin kerjasama di bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan instansi di dalam dan di luar negeri khususnya terkait bidang rekayasa sistem komputer serta mengoptimalkan keberlanjutannya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang dilakukan;
- Meningkatkan kualitas input mahasiswa, daya tarik prodi dan layanan kemahasiswaan;
- Memberikan kesempatan pada dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dan kompetensinya;
- Melaksanakakan kegiatan pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana pendidikan maupun penunjang pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
- Melaksanakan kegiatan pendidikan dengan memperhatikan kemutakhiran kurikulum, proses pembelajaran yang dimonitoring dan dievaluasi sesuai dengan siklus PPEPP serta menciptakan suasana akademik yang kondusif;
- Melaksanakan kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa dalam bidang rekayasa sistem komputer secara konsisten dan melakukan perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan program studi;
- Melaksanakan kegiatan PkM dosen dan mahasiswa dalam bidang rekayasa sistem komputer secara konsisten dan melakukan perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan prodi;
- Meningkatkan capaian dan luaran tridharma sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan.
Profile Lulusan
D3 Teknik Komputer
- JARINGAN & SISTEM TERDISTRIBUSI
- Mampu menganalisis jaringan untuk menentukan pemakaian jaringan, disk space, atau fungsi server
- Mampu mengkonfigurasi untuk keperluan instalasi, dan hak akses LAN, WAN, atau jaringan lainnya
- Mampu mengimplementasikan dan memelihara jaringan komputer pada segmen LAN
- MIKROPROSESOR & SISTEM EMBEDED
- Mampu mendesain, mengembangkan, dan melakukan tes pada sistem berbasis komputer
- Mampu mensupervisi & instalasi komputer berikut peralatan dan komponen pendukung
- Mampu mengimplementasi, pemeliharaan, dan memperbaiki kerusakan minor sistem komputer
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
D3 Teknik Komputer
Aspek Sikap, meliputi:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Aspek Pengetahuan, Meliputi:
- Menguasai teori dan konsep ilmu alamiah dasar, terutama tentang mekanika, gelombang da kelistrikan, karakteristik material;
- Menerapkan konsep ilmu alamiah dasar dalam bidang elektronika dankomputer;
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika;
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik;
- Menguasai konsep dan ilmu probabilitas dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi;
- Menguasai konsep dan teori konsep konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi;
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
- Mengidentifikasi dan menjelaskan struktur dasar dan organisasi berbagai sistem komputer. Melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) skala kecil dan jaringan komputer sesuai kebutuhan pengguna;
- Menerapkan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis computer;
- Menggunakan teknik, ketrampilan dan alat bantu yang diperlukan dalam bidang teknik komputer;
- Memahami tangggung jawab etika dan profesi, serta memahami dampak dari solusi teknik secara global;
- Berkomunikasi secara efektif pada berbagai kalangan;
- Memiliki kesadaran untuk mengembangkan diri sepanjang hayat;
- Bekerja-sama secara efektif baik sebagai anggota maupun pemimpin tim kerja;
- Mengidentifikasi kebutuhan untuk menjadi seorang wirausaha di bidang teknologi informasi.
Aspek Keterampilan Umum, meliputi:
- Kemampuan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Kemampuan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta menyadari kebutuhan dan kemampuan untuk terlibat dalam belajar seumur hidup (life-long learning) sesuai dengan bidang keahliannya;
- Kemampuan mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan/ teknologi/ rekayasa yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik dalam konteks global, ekonomi, lingkungan dan sosial;
- Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Kemampuan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,
- Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, rekan sejawat baik didalam maupun diluar lembaganya;
- Kemampuan untuk berfungsi pada tim multidisiplin, mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
- Kemampuan melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Kemampuan mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
- Kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen, menganalisis dan menginterpretasikan data.
Aspek Keterampilan Khusus, Meliputi:
- Mampu menerapkan prinsip dasar sistem jaringan komputer untuk memilih topologi dan protokol jaringan yang sesuai;
- Mampu memilih komponen dan menginstall jaringan komputer sesuai dengan kebutuhan pengguna;
- Mampu melakukan konfigurasi ulang dan mengelola infrastruktur jaringan komputer untuk mendapatkan kinerja jaringan yang optimal;
- Mampu menjelaskan, mengimplementasikan dan mengelola sistem keamanan jaringan komputer sesuai kebutuhan pengguna;
- Mampu mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan;
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Computing, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform;
- Mampu mengaplikasikan teori dan konsep elektronika untuk membuat perangkat dasar elektronika;
- Mampu mengaplikasikan teori dan konsep untuk merancang, membuat dan menguji, perangkat sistem digital;
- Mampu membuat antar muka periperal menggunakan teknik paralel maupun serial, memanfaatkan on chip modul seperti UART, SPI, I2C, CAN;
- Mampu merancang, memprogram dan mengimplementasikan Programmable Logic dan Field Programmable Logic Array (FPGA) sesuai dengan kebutuhan pengguna;
- Mampu menerapkan teori dan konsep sistem tertanam (embedded systems) untuk merancang dan mengem- bangkan serta mengoptimalkan sistem tertanam termasuk perangkat lunaknya;
Kurikulum
D3 Teknik Komputer
SEMESTER 1 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 125101 | PANCASILA | 2 | 0 | 2 |
2 | 125102 | ELEKTRONIKA DASAR | 3 | 0 | 3 |
3 | 125103 | KALKULUS | 3 | 0 | 3 |
4 | 125104 | BAHASA INGGRIS I | 2 | 0 | 2 |
5 | 125105 | ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN | 3 | 0 | 3 |
6 | 125106 | PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 0 | 3 |
7 | 125107 | KKPI | 0 | 2 | 2 |
8 | 125108 | PENGEMBANGAN DIRI | 2 | 0 | 2 |
9 | 125109 | ENTERPRENEURSHIP 1 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 20 | 2 | 22 |
SEMESTER 2 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 125201 | BAHASA INGGRIS 2 | 2 | 0 | 2 |
2 | 125202 | PBO | 0 | 2 | 2 |
3 | 125203 | AGAMA | 2 | 0 | 2 |
4 | 125204 | SISTEM BASIS DATA | 2 | 2 | 4 |
5 | 125205 | SISTEM DIGITAL | 3 | 0 | 3 |
6 | 125206 | ALJABAR LINIER | 3 | 0 | 3 |
7 | 125207 | KOMUNIKASI DATA | 3 | 0 | 3 |
8 | 125208 | ENTREPRENEURSHIP 2 | 0 | 2 | 2 |
JUMLAH | 18 | 4 | 21 |
SEMESTER 3 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 125301 | MIKROPROSESSOR | 3 | 0 | 3 |
2 | 125302 | JARINGAN KOMPUTER | 3 | 0 | 3 |
3 | 125303 | KEWARGANEGARAAN | 2 | 0 | 2 |
4 | 125304 | SISTEM OPERASI | 3 | 0 | 3 |
5 | 125305 | PEMROGRAMAN SISTEM | 0 | 2 | 2 |
6 | 125306 | ORGANISASI KOMPUTER | 3 | 0 | 3 |
7 | 125307 | MATEMATIKA DISKRIT | 2 | 0 | 2 |
8 | 125308 | TECHNOPRENEUR 1 | 2 | 0 | 2 |
JUMLAH | 18 | 2 | 20 |
SEMESTER 4 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 125401 | INSTALASI & TROUBLESHOOTING KOMPUTER | 3 | 0 | 3 |
2 | 125402 | ANTARMUKA PERIFERAL (INTERFACE) | 3 | 0 | 3 |
3 | 125403 | KEAMANAN KOMPUTER | 3 | 0 | 3 |
4 | 125404 | PEMROGRAMAN WEB | 0 | 4 | 4 |
5 | 125405 | SISTEM TERTANAM | 0 | 2 | 2 |
6 | 125406 | BAHASA INDONESIA | 2 | 0 | 2 |
7 | 125407 | JARINGAN KOMPUTER LANJUT | 0 | 2 | 2 |
8 | 125408 | PROTOKOL DAN KEAMANAN JARINGAN | 2 | 1 | 3 |
9 | 125409 | TECHNOPRENEUR 2 | 0 | 2 | 2 |
JUMLAH | 13 | 11 | 24 |
SEMESTER 5 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 125501 | HUKUM ETIKA PROFESI TI | 2 | 0 | 2 |
2 | 125502 | RISET TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 0 | 3 |
3 | 125503 | MIKROKONTROLLER | 3 | 0 | 3 |
4 | 125504 | INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | 2 | 0 | 2 |
5 | 125505 | ADMINISTRASI SISTEM & JARINGAN | 2 | 1 | 3 |
6 | 125506 | APLIKASI BERBASIS JARINGAN | 0 | 2 | 2 |
7 | 125507 | SISTEM TERTANAM LANJUT | 0 | 2 | 2 |
8 | 125508 | PRAKTEK KERJA LAPANGAN 1 | 2 | 0 | 2 |
9 | 125509 | PEMROGRAMAN MOBILE | 0 | 2 | 2 |
10 | 125510 | JARINGAN NIRKABEL | 3 | 0 | 3 |
11 | 125511 | STATISTIKA DAN PROBABILITAS | 3 | 0 | 3 |
JUMLAH | 14 | 7 | 27 |
SEMESTER 6 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 125601 | PRAKTEK KERJA LAPANGAN 2 | 0 | 2 | 2 |
2 | 125602 | TUGAS AKHIR | 0 | 4 | 4 |
JUMLAH | 0 | 6 | 6 | ||
JUMLAH TOTAL SKS D3 TEKNIK KOMPUTER |