S1 Rekayasa Perangkat Lunak
Deskripsi Singkat
Program studi Rekayasa Perangkat Lunak (ProgramSarjana) Universitas Teknologi Mataram adalah Program Studi yang dapat menciptakan calon-calon tenaga kerja yang berjiwa Pancasila, mempunyai kemampuan akademik dan profesional, mampu melaksanakan tugasnya dalam mengisi tuntutan lapangan kerja dengan kompetensi dalam bidang Programming dan Software Development guna melayani semua kalangan baik lembaga Pemerintah maupun Swasta. Keyakinan terwujudnya lulusantersebut karena kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum yang berorientasi kepada keperluan nyata akan tenaga ahli profesional berdasarkan kompetensi sesuai dengan tuntutan lapangan kerja dengan membekali mahasiswa dengan keahlian profesional yang cakap, produktif, berinisiatif dan penuh daya kreasi. Dengan kemampuan yang dimiliki ini, akan menjadikan lulusan Prodi Rekayasa Perangkat Lunak mampu berperan sebagai perancang, pembuat, penguji, pengevaluasi hingga menyiapkan sumber daya pendukung berbagai sistem informasi dengan efisien dan efektif. Lulusan program studi Rekayasa Perangkat Lunak juga diharapkan memiliki kemampuan dalam bidang pengembangan perangkat lunak, yangsesuai dengan standar dengan melakukan uji coba perangkat lunak, sehingga dapat diketahui kualitas dari perangkat lunak yang telah dibuat. Selain itu juga mampu berperan sebagai supervisi, evaluasi dan konsultasi solusi teknologi informasi (TI), serta integrasi berbagai proses bisnis yang difasilitasi dengan SI/TI termasuk di level enterprise, kompeten dalam bidang perancangan dan pengembangan perangkat berbasis digital guna membangun wirausaha mandiri sesuai potensi lokal daerah serta memiliki kepribadian yang baik,etika dan akhlak yang mulia.
Ahmad Subki, S.ST., M.Kom
Kaprodi S1 Rekayasa Perangkat Lunak
Visi & Misi
Visi
Menjadi Program Studi yang unggul secara nasional dalam bidang Programming and Software Development berlandaskan jiwa wirausaha pada tahun 2030
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan di bidang Programming and Software Development berlandaskan jiwa wirausaha.
- Melaksanakan penelitian di bidang Programming and Software Development yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pemberdayaan usaha kecil dan menengah dengan mengembangkan produk dan layanan dalam bidang Programming and Software Development.
- Membangun kerjasama dengan industri khususnya dalam bidang Teknologi Informasi baik di tingkat nasional maupun internasional
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang unggul di bidang Programming and Software Development yang memiliki jiwa wirausaha dan mampu menciptakan peluang yang inovatif.
- Menghasilkan penelitian di bidang Programming and Software Development yang bermutu dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
- Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk produk dan layanan dalam bidang Programming and Software Development yang bermutu dan bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah.
- Mewujudkan kerjasama di bidang Teknologi Informasi yang bermutu dan berkelanjutan baik di tingkat nasional maupun internasional.
Strategi
- Melakukan sosialisasi VMTS Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak secara berkelanjutan;
- Menerapkan kebijakan organisasi secara konsisten untuk menjamin terselenggaranya tata pamong dan tata kelola yang baik;
- Menjalin kerjasama dengan instansi di dalam dan di luar negeri khususnya dalam bidang pengembangan perangkat lunak serta basisdata serta mengoptimalkan keberlanjutannya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang dilakukan;
- Melakukan sosialisasi yang lebih efektif dengan mengenalkan secara lebih banyak keunggulan dari Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak untuk menjaring calon mahasiswa yang lebih berkualitas.
- Memberikan kesempatan kepada dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dan kompetensinya;
- Melaksanakakan kegiatan pengelolaan keuangan, sarana, dan prasarana pendidikan maupun penunjang pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
- Melaksanakan kegiatan pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
- Melaksanakan kegiatan penelitian sesuai dengan peta jalan penelitian khususnya bidang Programming and Software Development secara konsisten.
- Melaksanakan kegiatan PkM dengan mengembangkan produk dan layanan dalam bidang pengembangan perangkat lunak dan basis data sesuai dengan peta jalan PkM secara konsisten;
Profile Lulusan
S1 Rekayasa Perangkat Lunak
- Software Development
Mampu berperan sebagai pengembang perangkat lunak, penguji, pengevaluasi, pembuat aturan bisnis, hingga menyiapkan sumberdaya pendukung. Software Development dapat didetailkan lagi menjadi proses:1) Penciptaan software untuk memenuhi kebutuhan manusia, 2) desainsoftware, 3) pengembangan software aplikasi perusahaan, atau 4) pengembangan platform.
- System Analyst
Mampu bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunakdan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnisatauperusahaan.
- Database Programmer
Mampu membuat, memanipulasi, menghapus, maupunmemelihara database itu sendiri dengan menggunakan pemogramandatabase seperti MySQL, Postgre SQL, dll.
- Technopreneur
Mampu memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir untukdioptimalkan sebagai basis dalam mengembangkan pengembanganusaha. Sederhananya, technopreneur adalah seseorangyangmengelola usaha menggunakan basis teknologi.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
S1 Rekayasa Perangkat Lunak
Aspek Sikap, meliputi:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa - Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara - Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Aspek Keterampilan Umum, meliputi:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan da teknologi yang memperhatikan dan menererapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu daan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Menyusun deskripsi siaintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya berdasrkan hasil analisisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembagnkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik didalam maupun diluar lembaganya.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- Mampu melakukan devinisi kebutuhan pengguna dengan model sistematis sebagai panduan dalam mengembangkan berbagai jenis perangkat lunak. Memiliki kemampuan dalam seluk beluk infrastruktur disatu sisi, dan sistem informasi di sisi lainnya.
- Mempunyai pengetahuan mengenai bagaimana membangun sebuah perangkat lunak sistem (software system) dan perangkat lunak penunjang (software tool)
- Memiliki Kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerjasama (team work), manajemen diri mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.
Aspek pengetahuan, meliputi:
- Mampu menerapkan dasar-dasar matematika.
- Memiliki pengetahuan yang memadai terkait metodologi baku dalam membangun perangkat lunak yang berkualitas meliputi kemampuan melakukan penerapan konsep dasar-dasar teknik/engineering, pemodelan, tipe-tipe pemodelan, analisis, konsep desain dan proses dalam mengembangkan perangkat lunak.
- Menerapkan konsep interaksi manusia dan komputer serta menguasai aspek psikologi dan dinamika kelompok dalam membangun perangkat lunak.
- Mampu menerapkan dasar-dasar kebutuhan/requirements, melakukan pengumpulan kebutuhan, menerapkan ekonomi teknik dan menerapkan cara mendapatkan dokumentasi dalam spesifikasi kebutuhan perangkat lunak.
- Mampu menerapkan tools/alat-alat untuk membangun perangkat lunak komputer dalam melakukan desain arsitektur dan menerapkan strategi yang tepat dalam mendesain dan mengembangkan perangkat lunak.
- Mampu melakukan Validasi dan Verifikasi dalam melakukan evaluasi desain perangkat lunak dengan menerapkan proses review dan analisis statistik.
- Mampu membangun perangkat lunak yang aman dan menerapkan manajemen konfigurasi dengan metodologi perancangan yang sesuai.
- Mampu melakukan pengujian/testing serta menganalisis problem dan pelaporan dalam membangun perangkat lunak.
- Mampu melakukan penerapan jaminan kualitas proses dan produk perangkat lunak.
- Mampu menerapkan keamanan komputer dan jaringan dalam mengembangkan perangkat lunak.
Aspek Keterampilan Khusus, Meliputi:
- Mampu mengembangkan teori serta metode/teknik pada pembuatan perangkat lunak seperti software modeling and analysis, pattern analysis, ethnographic, knoledge elicitation, dengan berbagai bahasa pemrograman untuk berbagai keperluan.
- Mampu mengembangkan perangkat lunak dengan menerapkan metodologi pengembangan perangkat lunak yang sesuai dengan perkembangan terkini agar menghasilkan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
- Mampu melakukan pengujian, validasi dan verifikasi perangkat lunak untuk menjamin kualitas perangkat lunak.
- Mampu mengembangkan basis data untuk perusahaan atau instansi bersekala besar dengan menerapkan metodologi pengembangan basis data yang sesuai, berdasarkan kebutuhan pengguna.
- Mampu menganalisis dan menspesifikasikan kebutuhan perangkat lunak bersekala besar.
- Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan, serta mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab, jujur dan disiplin atas pekerjaan bidang keahliannya secara mandiri.
Kurikulum
S1 Rekayasa Sistem Komputer
SEMESTER 1 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046101 | KALKULUS | 3 | 3 | |
2 | 046102 | SISTEM DIGITAL | 3 | 3 | |
3 | 046103 | ALGORTIMA DAN PEMROGRAMAN | 2 | 2 | 4 |
4 | 046104 | KKPI | 2 | 2 | |
5 | 046105 | BAHASA INGGRIS I | 2 | 2 | |
6 | 046106 | PENGEMBANGAN DIRI | 2 | 2 | |
7 | 046107 | PANCASILA | 2 | 2 | |
8 | 046108 | ENTREPRENEURSHIP I | 2 | 2 | |
JUMLAH | 16 | 4 | 20 |
SEMESTER 2 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046201 | ALJABAR LINIER | 3 | 3 | |
2 | 046202 | RANGKAIAN ELEKTRONIKA | 3 | 3 | |
3 | 046203 | STRUKTUR DATA | 3 | 3 | |
4 | 046204 | KEWARGANEGARAAN | 2 | 2 | |
5 | 046205 | BAHASA INGGRIS II | 2 | 2 | |
6 | 046206 | KOMUNIKASI DATA | 2 | 1 | 3 |
7 | 046207 | ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER | 3 | 3 | |
8 | 046208 | ENTREPRENEURSHIP II | 2 | 2 | |
JUMLAH | 20 | 1 | 21 |
SEMESTER 3 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046301 | MATEMATIKA DISKRIT | 3 | 3 | |
2 | 046302 | INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER | 2 | 1 | 3 |
3 | 046303 | PEMROGRAMAN WEB | 4 | 4 | |
4 | 046304 | AGAMA | 2 | 2 | |
5 | 046305 | JARINGAN KOMPUTER I | 2 | 1 | 3 |
6 | 046306 | SISTEM OPERASI | 2 | 1 | 3 |
7 | 046307 | TECHNOPREUNERSHIP I | 2 | 2 | |
JUMLAH | 13 | 7 | 20 |
SEMESTER 4 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046401 | METODE NUMERIK | 3 | 3 | |
2 | 046402 | PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL | 2 | 1 | 3 |
3 | 046403 | PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK | 2 | 2 | |
4 | 046404 | SISTEM BASIS DATA | 2 | 2 | 4 |
5 | 046405 | JARINGAN KOMPUTER II | 2 | 1 | 3 |
6 | 046406 | INSTALASI & TROUBLESHOOTING KOMPUTER | 2 | 1 | 3 |
7 | 046407 | TECHNOPREUNERSHIP II | 2 | 2 | |
JUMLAH | 15 | 5 | 20 |
SEMESTER 5 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046501 | STATISTIKA DAN PROBABILITAS | 3 | 3 | |
2 | 046502 | SISTEM MIKROPROCESOR & MIKROKONTROLLER | 3 | 3 | |
3 | 046503 | PEMROGRAMAN BERBASIS GUI | 4 | 4 | |
4 | 046504 | BAHASA INDONESIA | 2 | 2 | |
5 | 046505 | ADMINISTRASI SISTEM SERVER | 2 | 2 | |
6 | 046506 | JARINGAN NIRKABEL | 3 | 3 | |
7 | 046507 | DATA MINING | 3 | 3 | |
JUMLAH | 14 | 6 | 20 |
SEMESTER 6 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046601 | PEMROGRAMAN JARINGAN | 4 | 4 | |
2 | 046602 | HUKUM & ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 3 | |
3 | 046603 | RISET TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 3 | |
4 | 046604 | KEAMANAN JARINGAN | 2 | 1 | 3 |
5 | 046605 | KOMPUTASI AWAN | 2 | 1 | 3 |
6 | 0466xx | MK PILIHAN 1 | 3 | 3 | |
JUMLAH | 13 | 6 | 19 |
SEMESTER 7 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046701 | PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK | 2 | 1 | 3 |
2 | 046702 | KERJA PRAKTEK | 3 | 3 | |
3 | 046703 | DIGITAL FORENSIK | 2 | 1 | 3 |
4 | 046704 | KREATIF DIGITAL | 2 | 1 | 3 |
5 | 0467XX | MK PILIHAN 2 | 3 | 3 | |
4 | 0467XX | MK PILIHAN 3 | 3 | 3 | |
JUMLAH | 12 | 6 | 18 |
SEMESTER 8 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046801 | SEMINAR | 2 | 2 | |
2 | 046802 | SKRIPSI | 4 | 4 | |
JUMLAH | 0 | 6 | 6 |
MATAKULIAH PILIHAN | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046606 | ARSITEKTUR JARINGAN TERKINI | 3 | 3 | |
2 | 046607 | PEMODELAN DAN SIMULASI | 3 | 3 | |
3 | 046608 | PEMR OGRAMAN MOBILE | 0 | 4 | 4 |
4 | 046609 | INTERFACE | 3 | 3 | |
5 | 046610 | SISTEM TERTANAM | 3 | 3 | |
6 | 046705 | MANAJEMEN PROYEK TI | 3 | 3 | |
7 | 046706 | WEB INTELEGENCE & BIG DATA | 3 | 3 | |
8 | 046707 | JARINGAN SENSOR NIRKABEL & IoT | 3 | 3 | |
9 | 046708 | PROGRAMABLE LOGIC CONTROLER | 3 | 3 | |
10 | 046709 | PERANGKAT TERPROGRAM | 3 | 3 | |
JUMLAH | 27 | 4 | 31 |