S1 Rekayasa Perangkat Lunak

Deskripsi Singkat

Program studi Rekayasa Perangkat Lunak (ProgramSarjana) Universitas Teknologi Mataram adalah Program Studi yang dapat menciptakan calon-calon tenaga kerja yang berjiwa Pancasila, mempunyai kemampuan akademik dan profesional, mampu melaksanakan tugasnya dalam mengisi tuntutan lapangan kerja dengan kompetensi dalam bidang Programming dan Software Development guna melayani semua kalangan baik lembaga Pemerintah maupun Swasta. Keyakinan terwujudnya lulusantersebut karena kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum yang berorientasi kepada keperluan nyata akan tenaga ahli profesional berdasarkan kompetensi sesuai dengan tuntutan lapangan kerja  dengan membekali mahasiswa dengan keahlian profesional yang cakap, produktif, berinisiatif dan penuh daya kreasi. Dengan kemampuan yang dimiliki ini, akan menjadikan lulusan Prodi Rekayasa Perangkat Lunak mampu berperan sebagai perancang, pembuat, penguji, pengevaluasi hingga menyiapkan sumber daya pendukung berbagai sistem informasi dengan efisien dan efektif. Lulusan program studi Rekayasa Perangkat Lunak juga diharapkan memiliki kemampuan dalam bidang pengembangan perangkat lunak, yangsesuai dengan standar dengan melakukan uji coba perangkat lunak, sehingga dapat diketahui kualitas dari perangkat lunak yang telah dibuat. Selain itu juga mampu berperan sebagai supervisi, evaluasi dan konsultasi solusi teknologi informasi (TI), serta integrasi berbagai proses bisnis yang difasilitasi dengan SI/TI termasuk di level enterprise, kompeten dalam bidang perancangan dan pengembangan perangkat berbasis digital guna membangun wirausaha mandiri sesuai potensi lokal daerah serta memiliki kepribadian yang baik,etika dan akhlak yang mulia.

 

Ahmad Subki, S.ST., M.Kom

Kaprodi S1 Rekayasa Perangkat Lunak


Visi & Misi

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul secara nasional dalam bidang Programming and Software Development berlandaskan jiwa wirausaha pada tahun 2030

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang Programming and Software Development berlandaskan jiwa wirausaha.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang Programming and Software Development yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pemberdayaan usaha kecil dan menengah dengan mengembangkan produk dan layanan dalam bidang Programming and Software Development.
  4. Membangun kerjasama dengan industri khususnya dalam bidang Teknologi Informasi baik di tingkat nasional maupun internasional

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul di bidang Programming and Software Development yang memiliki jiwa wirausaha dan mampu menciptakan peluang yang inovatif.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang Programming and Software Development yang bermutu dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk produk dan layanan dalam bidang Programming and Software Development yang bermutu dan bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah.
  4. Mewujudkan kerjasama di bidang Teknologi Informasi yang bermutu dan berkelanjutan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Strategi

  1. Melakukan sosialisasi VMTS Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak secara berkelanjutan;
  2. Menerapkan kebijakan organisasi secara konsisten untuk menjamin terselenggaranya tata pamong dan tata kelola yang baik;
  3. Menjalin kerjasama dengan instansi di dalam dan di luar negeri khususnya dalam bidang pengembangan perangkat lunak serta basisdata serta mengoptimalkan keberlanjutannya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang dilakukan;
  4. Melakukan sosialisasi yang lebih efektif dengan mengenalkan secara lebih banyak keunggulan dari Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak untuk menjaring calon mahasiswa yang lebih berkualitas.
  5. Memberikan kesempatan kepada dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dan kompetensinya;
  6. Melaksanakakan kegiatan pengelolaan keuangan, sarana, dan prasarana pendidikan maupun penunjang pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
  7. Melaksanakan kegiatan pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
  8. Melaksanakan kegiatan penelitian sesuai dengan peta jalan penelitian khususnya bidang Programming and Software Development secara konsisten.
  9. Melaksanakan kegiatan PkM dengan mengembangkan produk dan layanan dalam bidang pengembangan perangkat lunak dan basis data sesuai dengan peta jalan PkM secara konsisten;

Profile Lulusan

 

S1 Rekayasa Perangkat Lunak

  1. Software Development 

Mampu berperan sebagai pengembang perangkat lunak, penguji, pengevaluasi, pembuat aturan bisnis, hingga menyiapkan sumberdaya pendukung. Software Development dapat didetailkan lagi menjadi proses:1) Penciptaan software untuk memenuhi kebutuhan manusia, 2) desainsoftware, 3) pengembangan software aplikasi perusahaan, atau 4) pengembangan platform. 

  1. System Analyst 

Mampu bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunakdan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnisatauperusahaan.

  1. Database Programmer 

Mampu membuat, memanipulasi, menghapus, maupunmemelihara database itu sendiri dengan menggunakan pemogramandatabase seperti MySQL, Postgre SQL, dll. 

  1. Technopreneur 

Mampu memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir untukdioptimalkan sebagai basis dalam mengembangkan pengembanganusaha. Sederhananya, technopreneur adalah seseorangyangmengelola usaha menggunakan basis teknologi.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

 

S1 Rekayasa Perangkat Lunak

 

Aspek Sikap, meliputi:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
    Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  6. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Aspek Keterampilan Umum, meliputi:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan da teknologi yang memperhatikan dan menererapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu daan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun deskripsi siaintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya berdasrkan hasil analisisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembagnkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik didalam maupun diluar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mampu melakukan devinisi kebutuhan pengguna dengan model sistematis sebagai panduan dalam mengembangkan berbagai jenis perangkat lunak. Memiliki kemampuan dalam seluk beluk infrastruktur disatu sisi, dan sistem informasi di sisi lainnya.
  11. Mempunyai pengetahuan mengenai bagaimana membangun sebuah perangkat lunak sistem (software system) dan perangkat lunak penunjang (software tool)
  12. Memiliki Kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerjasama (team work), manajemen diri mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.

Aspek pengetahuan, meliputi:

  1. Mampu menerapkan dasar-dasar matematika.
  2. Memiliki pengetahuan yang memadai terkait metodologi baku dalam membangun perangkat lunak yang berkualitas meliputi kemampuan melakukan penerapan konsep dasar-dasar teknik/engineering, pemodelan, tipe-tipe pemodelan, analisis, konsep desain dan proses dalam mengembangkan perangkat lunak.
  3. Menerapkan konsep interaksi manusia dan komputer serta menguasai aspek psikologi dan dinamika kelompok dalam membangun perangkat lunak.
  4. Mampu menerapkan dasar-dasar kebutuhan/requirements, melakukan pengumpulan kebutuhan, menerapkan ekonomi teknik dan menerapkan cara mendapatkan dokumentasi dalam spesifikasi kebutuhan perangkat lunak.
  5. Mampu menerapkan tools/alat-alat untuk membangun perangkat lunak komputer dalam melakukan desain arsitektur dan menerapkan strategi yang tepat dalam mendesain dan mengembangkan perangkat lunak.
  6. Mampu melakukan Validasi dan Verifikasi dalam melakukan evaluasi desain perangkat lunak dengan menerapkan proses review dan analisis statistik.
  7. Mampu membangun perangkat lunak yang aman dan menerapkan manajemen konfigurasi dengan metodologi perancangan yang sesuai.
  8. Mampu melakukan pengujian/testing serta menganalisis problem dan pelaporan dalam membangun perangkat lunak.
  9. Mampu melakukan penerapan jaminan kualitas proses dan produk perangkat lunak.
  10. Mampu menerapkan keamanan komputer dan jaringan dalam mengembangkan perangkat lunak.

Aspek Keterampilan Khusus, Meliputi:

  1. Mampu mengembangkan teori serta metode/teknik pada pembuatan perangkat lunak seperti software modeling and analysis, pattern analysis, ethnographic, knoledge elicitation, dengan berbagai bahasa pemrograman untuk berbagai keperluan.
  2. Mampu mengembangkan perangkat lunak dengan menerapkan metodologi pengembangan perangkat lunak yang sesuai dengan perkembangan terkini agar menghasilkan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  3. Mampu melakukan pengujian, validasi dan verifikasi perangkat lunak untuk menjamin kualitas perangkat lunak.
  4. Mampu mengembangkan basis data untuk perusahaan atau instansi bersekala besar dengan menerapkan metodologi pengembangan basis data yang sesuai, berdasarkan kebutuhan pengguna.
  5. Mampu menganalisis dan menspesifikasikan kebutuhan perangkat lunak bersekala besar.
  6. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan, serta mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab, jujur dan disiplin atas pekerjaan bidang keahliannya secara mandiri.

Kurikulum

 

S1 Rekayasa Sistem Komputer

SEMESTER 1
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046101KALKULUS3 3
2046102SISTEM DIGITAL3 3
3046103ALGORTIMA DAN PEMROGRAMAN 224
4046104KKPI 22
5046105BAHASA INGGRIS I2 2
6046106PENGEMBANGAN DIRI2 2
7046107PANCASILA2 2
8046108ENTREPRENEURSHIP I2 2
JUMLAH16420
SEMESTER 2
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046201ALJABAR LINIER3 3
2046202RANGKAIAN  ELEKTRONIKA3 3
3046203STRUKTUR DATA3 3
4046204KEWARGANEGARAAN2 2
5046205BAHASA INGGRIS II2 2
6046206KOMUNIKASI DATA213
7046207ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER3 3
8046208ENTREPRENEURSHIP II2 2
JUMLAH20121
SEMESTER 3
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046301MATEMATIKA DISKRIT3 3
2046302INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER213
3046303PEMROGRAMAN WEB 44
4046304AGAMA2 2
5046305JARINGAN KOMPUTER I213
6046306SISTEM OPERASI213
7046307TECHNOPREUNERSHIP I2 2
JUMLAH13720
SEMESTER 4
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046401METODE NUMERIK3 3
2046402PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL213
3046403PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK2 2
4046404SISTEM BASIS DATA224
5046405JARINGAN KOMPUTER II213
6046406INSTALASI & TROUBLESHOOTING KOMPUTER213
7046407TECHNOPREUNERSHIP II2 2
JUMLAH15520
SEMESTER 5
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046501STATISTIKA DAN PROBABILITAS3 3
2046502SISTEM MIKROPROCESOR & MIKROKONTROLLER3 3
3046503PEMROGRAMAN BERBASIS GUI 44
4046504BAHASA INDONESIA2 2
5046505ADMINISTRASI SISTEM SERVER 22
6046506JARINGAN NIRKABEL3 3
7046507DATA MINING3 3
JUMLAH14620
SEMESTER 6
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046601PEMROGRAMAN JARINGAN 44
2046602HUKUM & ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI3 3
3046603RISET TEKNOLOGI INFORMASI3 3
4046604KEAMANAN JARINGAN213
5046605KOMPUTASI AWAN213
60466xxMK PILIHAN 13 3
JUMLAH13619
SEMESTER 7
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046701PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK213
2046702KERJA PRAKTEK 33
3046703DIGITAL FORENSIK213
4046704KREATIF DIGITAL213
50467XXMK PILIHAN 23 3
40467XXMK PILIHAN 33 3
JUMLAH12618
SEMESTER 8
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046801SEMINAR 22
2046802SKRIPSI 44
JUMLAH066
MATAKULIAH PILIHAN
NoKodeMata KuliahTPSKS
1046606ARSITEKTUR JARINGAN TERKINI3 3
2046607PEMODELAN DAN SIMULASI3 3
3046608PEMR
OGRAMAN MOBILE
044
4046609INTERFACE3 3
5046610SISTEM TERTANAM3 3
6046705MANAJEMEN PROYEK TI3 3
7046706WEB INTELEGENCE & BIG DATA3 3
8046707JARINGAN SENSOR NIRKABEL & IoT3 3
9046708PROGRAMABLE LOGIC CONTROLER3 3
10046709PERANGKAT TERPROGRAM3 3
JUMLAH27431