S1 Rekayasa Sistem Komputer
Deskripsi Singkat
Program studi Rekayasa Sistem Komputer ini lebih berfokus pada hal-hal yang terkait dengan perangkat keras terutama perangkat komputer dan jaringan komputer dan peranti lunak yang dapat disediakan oleh sistem komputer pada perusahaan, organisasi nirlaba maupun organisasi pemerintahan guna mendukung dalam perumusan dan juga pencapaian tujuan organisasi tersebut. Rekayasa Sistem Komputer juga terkait dengan penerapan dan penggunaan teknologi sistem tertanam (embedded system) yang mendukung otomasi industri. Jadi para profesional di bidang Rekayasa Sistem Komputer harus memahami faktor-faktor teknis dan non teknis suatu perusahaan atau organisasi, dan harus dapat membantu organisasi tersebut untuk menyediakan dukungan perangkat keras dan perangkat lunak serta jaringan komputer sebagai landasan untuk unjuk kinerja yang tinggi dari organisasi tersebut.
Berdasarkan peta okupasi TIK Nasional level 6, program studi S1 Rekayasa Sistem Komputer Universitas Teknologi Mataram memiliki 4 profile lulusan yaitu : Arsitek dan Penganalisis Sistem Komputer, Perekayasa Sistem Komputer, Perekayasa Jaringan Komputer dan IT Support
Emi Suryadi, S.Kom.,M.Kom
Kaprodi S1 Rekayasa Sistem Komputer
Visi & Misi
Visi
Menjadi program studi yang unggul dalam bidang Networking dan Embeded System secara nasional berlandaskan jiwa kewirausahaan dan berakhlak mulia di tahun 2030
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dibidang Networking dan Embeded System berlandaskan jiwa wirausaha.
- Melaksanakan penelitian di bidang Networking dan Embeded System yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pemberdayaan usaha kecil dan menengah dengan mengembangkan produk dan layanan dalam bidang Networking dan Embeded System.
- Membangun kerjasama dengan industri khususnya dalam bidang Rekayasa Sistem Komputer baik ditingkat nasional maupun internasional.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang unggul dibidang Networking dan Embeded System yang berjiwa kewirausahaan dan mampu menciptakan peluang yang inovatif.
- Menghasilkan penelitian di bidang Networking dan Embeded System yang bermutu dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
- Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk produk dan layanan dalam bidang Networking dan Embeded System yang bermutu dan bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah.
- Mewujudkan kerjasama di bidang Rekayasa Sistem Komputer yang bermutu dan berkelanjutan baik di tingkat nasional maupun internasional.
Strategi
03
- Melakukan sosialisasi dan implementasi VMTS Prodi RSK secara berkelanjutan;
- Meningkatkan konsistensi tata pamong dan efektivitas tata kelola unit kerja Prodi RSK;
- Menjalin kerjasama di bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan instansi di dalam dan di luar negeri khususnya terkait bidang rekayasa sistem komputer serta mengoptimalkan keberlanjutannya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang dilakukan;
- Meningkatkan kualitas input mahasiswa, daya tarik prodi dan layanan kemahasiswaan;
- Memberikan kesempatan pada dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dan kompetensinya;
- Melaksanakakan kegiatan pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana pendidikan maupun penunjang pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
- Melaksanakan kegiatan pendidikan dengan memperhatikan kemutakhiran kurikulum, proses pembelajaran yang dimonitoring dan dievaluasi sesuai dengan siklus PPEPP serta menciptakan suasana akademik yang kondusif;
- Melaksanakan kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa dalam bidang rekayasa sistem komputer secara konsisten dan melakukan perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan program studi;
- Melaksanakan kegiatan PkM dosen dan mahasiswa dalam bidang rekayasa sistem komputer secara konsisten dan melakukan perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan prodi;
- Meningkatkan capaian dan luaran tridharma sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan
Profile Lulusan
S1 Rekayasa Sistem komputer
- CS Architect & Analyst (Arsitek dan Penganalisis Sistem Komputer)
- Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, serta mengevaluasi dan melakukan perawatan aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data
- Mampu mereview kapabilitas & keamanan sistem
- Computer System Engineer (Perekayasa Sistem Komputer)
- Mampu mendesain, mengembangkan, dan melakukan tes pada sistem berbasis komputer
- Mampu mensupervisi & instalasi komputer berikut peralatan dan komponen pendukung
- Computer Network Engineer (Perekayasa Jaringan Komputer)
- Mampu menganalisis jaringan untuk menentukan pemakaian jaringan, disk space, atau fungsi server
- Mampu mengkonfigurasi untuk keperluan instalasi, dan hak akses LAN, WAN, atau jaringan lainnya
- IT Support
- Mampu mengimplementasi, pemeliharaan, dan memperbaiki kerusakan minor sistem komputer
- Mampu mengimplementasikan dan memelihara jaringan komputer pada segmen LAN
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
S1 Rekayasa Sistem Komputer
Aspek Sikap, meliputi:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Aspek Keterampilan Umum, meliputi:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
- Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya
- Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewirausahaan berbasis teknologi
Aspek pengetahuan, meliputi:
- Kemampuan untuk mengaplikasikan matematika, sains dan rekasaya
- Kemampuan menganalisis, merancang dan membangun (meng-coding) sistem perangkat lunak untuk sistem berbasis mikro komputer dan jaringan komputer.
- Kemampuan merancang jaringan dan sistem keamanan jaringan komputer
- Menerapkan konsep ilmu alamiah dasar untuk menganalisa dan memecahkan masalah dalam bidang elektronika dan komputer
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemeliharaan sistem dalam lingkup yang luas.
- Menerapkan teori dan konsep sistem tertanam (embedded systems) untuk merancang dan mengembangkan serta mengoptimalkan sistem tertanam termasuk perangkat lunaknya.
- Mengaplikasikan teori dan konsep untuk merancang, membuat dan menguji, perangkat sistem digital.
Aspek Keterampilan Khusus, Meliputi:
- Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, serta mengevaluasi dan melakukan perawatan aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data
- Mampu mereview kapabilitas & keamanan sistem
- Mampu mendesain, mengembangkan, dan melakukan tes pada sistem berbasis komputer
- Mampu mensupervisi & instalasi komputer berikut peralatan dan komponen pendukung
- Mampu menganalisis jaringan untuk menentukan pemakaian jaringan, disk space, atau fungsi server
- Mampu mengkonfigurasi untuk keperluan instalasi, dan hak akses LAN, WAN, atau jaringan lainnya
- Mampu mengimplementasi, pemeliharaan, dan memperbaiki kerusakan minor sistem komputer
- Mampu mengimplementasikan dan memelihara jaringan komputer pada segmen LAN
Kurikulum
S1 Rekayasa Sistem Komputer
SEMESTER 1 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046101 | KALKULUS | 3 | 3 | |
2 | 046102 | SISTEM DIGITAL | 3 | 3 | |
3 | 046103 | ALGORTIMA DAN PEMROGRAMAN | 2 | 2 | 4 |
4 | 046104 | KKPI | 2 | 2 | |
5 | 046105 | BAHASA INGGRIS I | 2 | 2 | |
6 | 046106 | PENGEMBANGAN DIRI | 2 | 2 | |
7 | 046107 | PANCASILA | 2 | 2 | |
8 | 046108 | ENTREPRENEURSHIP I | 2 | 2 | |
JUMLAH | 16 | 4 | 20 |
SEMESTER 2 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046201 | ALJABAR LINIER | 3 | 3 | |
2 | 046202 | RANGKAIAN ELEKTRONIKA | 3 | 3 | |
3 | 046203 | STRUKTUR DATA | 3 | 3 | |
4 | 046204 | KEWARGANEGARAAN | 2 | 2 | |
5 | 046205 | BAHASA INGGRIS II | 2 | 2 | |
6 | 046206 | KOMUNIKASI DATA | 2 | 1 | 3 |
7 | 046207 | ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER | 3 | 3 | |
8 | 046208 | ENTREPRENEURSHIP II | 2 | 2 | |
JUMLAH | 20 | 1 | 21 |
SEMESTER 3 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046301 | MATEMATIKA DISKRIT | 3 | 3 | |
2 | 046302 | INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER | 2 | 1 | 3 |
3 | 046303 | PEMROGRAMAN WEB | 4 | 4 | |
4 | 046304 | AGAMA | 2 | 2 | |
5 | 046305 | JARINGAN KOMPUTER I | 2 | 1 | 3 |
6 | 046306 | SISTEM OPERASI | 2 | 1 | 3 |
7 | 046307 | TECHNOPREUNERSHIP I | 2 | 2 | |
JUMLAH | 13 | 7 | 20 |
SEMESTER 4 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046401 | METODE NUMERIK | 3 | 3 | |
2 | 046402 | PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL | 2 | 1 | 3 |
3 | 046403 | PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK | 2 | 2 | |
4 | 046404 | SISTEM BASIS DATA | 2 | 2 | 4 |
5 | 046405 | JARINGAN KOMPUTER II | 2 | 1 | 3 |
6 | 046406 | INSTALASI & TROUBLESHOOTING KOMPUTER | 2 | 1 | 3 |
7 | 046407 | TECHNOPREUNERSHIP II | 2 | 2 | |
JUMLAH | 15 | 5 | 20 |
SEMESTER 5 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046501 | STATISTIKA DAN PROBABILITAS | 3 | 3 | |
2 | 046502 | SISTEM MIKROPROCESOR & MIKROKONTROLLER | 3 | 3 | |
3 | 046503 | PEMROGRAMAN BERBASIS GUI | 4 | 4 | |
4 | 046504 | BAHASA INDONESIA | 2 | 2 | |
5 | 046505 | ADMINISTRASI SISTEM SERVER | 2 | 2 | |
6 | 046506 | JARINGAN NIRKABEL | 3 | 3 | |
7 | 046507 | DATA MINING | 3 | 3 | |
JUMLAH | 14 | 6 | 20 |
SEMESTER 6 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046601 | PEMROGRAMAN JARINGAN | 4 | 4 | |
2 | 046602 | HUKUM & ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 3 | |
3 | 046603 | RISET TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 3 | |
4 | 046604 | KEAMANAN JARINGAN | 2 | 1 | 3 |
5 | 046605 | KOMPUTASI AWAN | 2 | 1 | 3 |
6 | 0466xx | MK PILIHAN 1 | 3 | 3 | |
JUMLAH | 13 | 6 | 19 |
SEMESTER 7 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046701 | PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK | 2 | 1 | 3 |
2 | 046702 | KERJA PRAKTEK | 3 | 3 | |
3 | 046703 | DIGITAL FORENSIK | 2 | 1 | 3 |
4 | 046704 | KREATIF DIGITAL | 2 | 1 | 3 |
5 | 0467XX | MK PILIHAN 2 | 3 | 3 | |
4 | 0467XX | MK PILIHAN 3 | 3 | 3 | |
JUMLAH | 12 | 6 | 18 |
SEMESTER 8 | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046801 | SEMINAR | 2 | 2 | |
2 | 046802 | SKRIPSI | 4 | 4 | |
JUMLAH | 0 | 6 | 6 |
MATAKULIAH PILIHAN | |||||
No | Kode | Mata Kuliah | T | P | SKS |
1 | 046606 | ARSITEKTUR JARINGAN TERKINI | 3 | 3 | |
2 | 046607 | PEMODELAN DAN SIMULASI | 3 | 3 | |
3 | 046608 | PEMR OGRAMAN MOBILE | 0 | 4 | 4 |
4 | 046609 | INTERFACE | 3 | 3 | |
5 | 046610 | SISTEM TERTANAM | 3 | 3 | |
6 | 046705 | MANAJEMEN PROYEK TI | 3 | 3 | |
7 | 046706 | WEB INTELEGENCE & BIG DATA | 3 | 3 | |
8 | 046707 | JARINGAN SENSOR NIRKABEL & IoT | 3 | 3 | |
9 | 046708 | PROGRAMABLE LOGIC CONTROLER | 3 | 3 | |
10 | 046709 | PERANGKAT TERPROGRAM | 3 | 3 | |
JUMLAH | 27 | 4 | 31 |